1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter :     27 November 2017 12:00

    Umur pendek dan jinak

    Umur pendek

    Tikus bereproduksi sangat cepat dengan masa hidup tergolong pendek, yakni 2-3 tahun. Sehingga, beberapa generasi tikus bisa diamati dalam periode waktu relatif pendek.

    Murah

    Harga tikus relatif murah dan bisa dibeli dalam jumlah yang banyak dari produsen yang khusus mengembangbiakkan tikus untuk percobaan dan penelitian.

    Jinak

    Seperti hewan pengerat pada umumnya, tikus biasanya jinak sehingga mudah ditangani peneliti. Walau, ada saja satu dan dua tikus yang sulit dikendalikan.

    Identik

    Mayoritas tikus yang digunakan dalam percobaan medis biasanya hasil pengembangbiakan secara massal. Sehingga, tikus-tikus itu hampir identik secara genetik. Kalaupun ada perbedaan besar itu hanyalah alat kelamin.

    Hal ini sangat membantu agar hasil percobaan medis yang lebih seragam, demikian menurut National Human Genome Research Institute.

    Hewan pengerat juga membuat penelitian lebih efisien karena kebanyakan peneliti sudah mengenal dan memahami anatomi, psikologi, dan genetika tikus. Sehingga, peneliti akan lebih mudah mengenali jika ada perubahan sekecil apapun pada perilaku tikus dalam sebuah percobaan.

    Berikut beberapa gangguan dan penyakit manusia dimana tikus menjadi objek percobaannya:
    Hipertensi
    Diabetes
    Katarak
    Kegemukan
    Kejang
    Masalah pernafasan
    Ketulian
    penyakit Parkinson
    Penyakit Alzheimer
    Kanker
    Cystic fibrosis
    HIV dan AIDS
    Penyakit jantung
    Muscular dystrophy
    Cedera tulang belakang

    Tikus juga dijadikan model dalam eksperimen mengenai perilaku, sensoris, penuaan, nutrisi, studi genetika, serta pengobatan untuk menghentikan kecanduan narkoba. (ita)

    INTRO

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES