1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FAKTA UNIK


  8. Reporter : Stella Maris    25 Desember 2017 13:03

    Makna warna merah dan hijau di perayaan Natal

    Beberapa ilmuwan menjelaskan, warna merah dan hijau sudah muncul sejak...

    Feed.merdeka.com - Umat Kristiani menyambut gembira perayaan Natal, karena momen itu dipercaya sebagai hari lahir Yesus ke dunia. Nah setiap tahunnya, perayaan Natal identik dengan dua warna, yaitu merah dan hijau.

    Tapi apa sih makna di balik kedua warna itu? Dikutip laman Worderpolis, Minggu 24 Desember 2017, umat Kristiani meyakini kalau dua warna itu merupakan gambaran kehidupan Yesus.

    Beberapa ilmuwan menjelaskan, warna merah dan hijau sudah muncul sejak 1300an. Ketika itu gereja-gereja mempresentasikan Miracle Plays, sebuah drama religius untuk mendidik para penderita buta huruf yang tak dapat membaca Alkitab.

    Miracle Plays yang dikenal dengan Paradise Play menceritakan kehidupan Adam dan Hawa di Taman Eden. Mereka ada di dunia, karena tak mengindahkan larangan Tuhan, untuk tak makan buah terlarang dari Pohon Kebaikan dan Kejahatan.

    Nah selama kisah itu dimainkan, ada hiasan buah apel yang digantungkan di pohon pinus. Bukan hanya itu saja, gereja juga mulai membuat pohon natal dari pohon pinus.

    Sejak saat itu, mereka menghiasi rumah dengan menghadirkan pohon Natal menggunakan warna merah dan hijau.

    (Foto: ilustrasi natal/pixabay)

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES