1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     16 Januari 2018 10:02

    Hindari, 5 makanan ini bisa bikin Anda jadi pelupa

    Asupan ke otak tetap harus diperhatikan, sebab kebiasaan makan yang buruk..

    Feed.merdeka.com - Sama seperti aktivitas fisik, makanan juga berperan penting bagi kesehatan tubuh. Otak kita pun membutuhkan nutrisi agar tetap aktif dan tajam. Karena itu, asupan ke otak tetap harus diperhatikan, sebab kebiasaan makan yang buruk bisa mempengaruhi kinerjanya.

    Bahkan beberapa makanan yang bila dikonsumsi bisa menyebabkan Alzheimer-kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat.

    Hindarilah makanan tersebut untuk mencegah penurunan kinerja otak atau mudah lupa. Seperti dikutip dari ndtv, berikut 5 makanan yang bisa membuat Anda menjadi pelupa.

    Tuna

    Mengkonsumsi ikan tuna dengan porsi wajar sangat baik mengingat kandungan proteinnya yang berguna bagi kesehatan secara keseluruhan. Namun, ssupan tuna berlebihan bisa menyebabkan penurunan kerja otak karena kandungan merkuri yang tinggi. Merkuri dapat menyebabkan disfungsi otak.

    Sebaiknya tuna dimakan dua kali seminggu atau setelah berolahraga. Atau Anda dapat mengganti tuna dengan salmon yang dapat meningkatkan ingatan.

    Kedelai

    Kecap
    Pixabay/Pixabay

    Kedelai dalam bentuk apapun, baik itu sudah diolah menjadi tahu atau kecap, lebih berdampak buruk dari manfaatnya. Kedelai mengandung garam dan sodium yang tinggi sehingga bisa berbahaya bagi otak. Bahkan dapat memicu hipertensi yang membatasi aliran darah ke otak, akibatnya bisa kehilangan memori.

    Alkohol

    Alkohol
    © 2017 feed.id/Tarbijah Islamijah

    Alkohol dapat memberi efek jangka panjang pada otak. Bahkan mengkonsumi dalam jumlah wajar bisa melemahkan sel otak dan menyebabkan hilang memori. Ini bisa menjadi alasan lain mengapa Anda harus menghindari alkohol untuk menuju hidup sehat.

    Jus jeruk

    Jus jeruk
    Pixabay/Pixabay

    Jus jeruk terkonsentrasi dengan gula tinggi yang tentu saja tidak sehat. Kebanyakan asupan gula dapat menyebabkan disfungsi kognitif, yang dapat mendoronga Anda membuat keputusan buruk, atau berkurangnya kemampuan penalaran atau kemampuan untuk bekerja secara teroganisir.

    Nasi putih

    Beras atau nasi putih dapat menyebabkan masalah dalam fungsi mental karena tingginya kandungan karbohidrat. Juga meningkatkan risiko depresi. Sebagai pengganti nasi putih, Anda bisa beralih ke produk gandum yang lebih sehat namun rasanya tetap lezat.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES