1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     25 Februari 2018 16:00

    5 bahan alami ini ampuh obati demam berdarah

    Hingga saat ini belum ada obat pasti untuk menyembuhkan demam berdarah.

    Feed.merdeka.com - Demam berdarah dengue atau DBD merupakan penyakit akibat infeksi virus dengue yang ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti. DBD bisa membuat trombosit atau sel darah putih di tubuh menurun drastis, dan membuat perdarahan internal yang bisa merusak organ atau sel jaringan tubuh sehat.

    Hingga saat ini belum ada obat pasti untuk menyembuhkan demam berdarah. Namun, biasanya, dokter akan menyarankan pasien mengonsumsi obat seperti acetaminophen atau aspirin untuk mengatasi beberapa gejala seperti demam, pereda nyeri, dan untuk meredakan pendarahan.

    Meski di dunia medis belum tersedia, tetapi alam bisa menyediakan obat yang dapat membantu menyembuhkan DBD. Seperti dikutip dari hellosehat, beberapa obat alami ataupun herbal dapat mempercepat proses penyembuhan DBD. Berikut adalah 5 obat demam berdarah yang berasal dari alam.

    1. Jambu biji

    Jambu biji memiliki trombinol yang mampu merangsang trombopoietin lebih aktif, sehingga dapat memicu pembentukan keping darah baru. Jambu biji kaya akan quercetin, yaitu senyawa kimia alami yang bisa ditemukan dalam berbagai jenis buah dan sayur.

    Quercetin dapat menekan pertumbuhan virus dengue dalam tubuh pasien DBD. Maka, jangan lewatkan manfaat jambu biji ini untuk melawan infeksi virus secara alami.

    Namun, untuk mengkonsumsinya lebih baik jambu biji dibuat menjadi jus yang lembut agar mudah dicerna pasien. Kandungan airnya juga baik untuk mencegah dehidrasi.

    2. Angkak

    Angkak adalah salah satu jenis beras merah dari Tiongkok yang difermentasi dengan ragi Monascus purpureus. Sudah banyak berbagai penelitian yang dilakukan untuk membuktikan mengenai angkak sebagai obat demam berdarah alami.

    Penelitian dari IPB tahun 2012 menunjukkan bahwa pemberian kapsul angkak dapat meningkatkan trombosit pada tikus putih yang dibuat trombositopenia (kadar trombosit dalam darah yang rendah).

    Pasien DBD mempunyai kadar trombosit rendah yang membuat penyakitnya semakin parah. Pemberian angkak dapat membantu meningkatkan kadar trombosit, sehinga pasien DBD kemungkinan lebih cepat sembuh.

    3. Echinacea

    Echinacea merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang umumnya digunakan untuk mengobati demam dan flu pada masyarakat Amerika bagian Utara. Menurut Pakistan Journal of Clinical and Biomedical Research, echinacea dapat memicu produksi protein dan interferon tambahan, sebagai reaksi terhadap serangan bakteri dan virus.

    Maka dari itu, echinacea mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengoptimalkan kemampuan sel darah putih dalam menangani infeksi virus, termasuk virus dengue.

    Selajutnya ===>>> daun pepaya

    5 bahan alami ini ampuh obati demam berdarah

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES