1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    20 Maret 2015 10:40

    Waspada Gangguan Kesehatan di Dalam Pesawat

    Gangguan itu muncul karena kurangnya udara dalam kabin pesawat.

    Feed - Ketika masuk dalam pesawat dan terbang, akan ada banyak masalah kesehatan yang harus diwaspadai. Gangguan itu muncul karena kurangnya udara dalam kabin pesawat. Radiasi kosmik juga lebih tinggi ketika saat dalam penerbangan. Akhirnya Anda merasa menderita karena dehidrasi, gangguan saluran telinga, hingga pembekuan darah. Seperti dilansir dari dailymail.co.uk, berikut adalah efek kesehatan paling menakutkan saat terbang.

    1. Dehidrasi

    via travel.aol.co.uk

    Ketika dalam pesawat, udara yang masuk sangat minim dan terasa kering, bahkan lebih kering dari gurun. Kekeringan ekstrem itu menyebabkan dehidrasi yang bisa meliputi pusing, sakit kepala, kelelahan,mulut kering, hingga hilangnya kekuatan dan stamina dan sinus kering.

    2. Gangguan telinga

    via lifehacker.com

    Pernah merasakan gangguan telinga saat perjalanan? Hal itu disebabkan karena perasaan tidak nyaman seseorang pada udara yang menyebabkan tekanan meningkat dalam saluran telinga. Cara mudah untuk melepas gangguan itu sangat mudah, Anda hanya perlu menelan, mengunyah, atau menguap.

    3. Kekurangan oksigen

    via lifetimeencounters.com

    Kadar oksigen yang rendah dalam pesawat dapat menyebabkan kekurangan oksigen selama perjalanan. Hal ini bisa menyebabkan pusing, sulit bernapas, atau kesulitan berkonsentrasi. Idealnya, untuk mengatur oksigen dalam pesawat, Anda harus melakukan banyak gerakan atau meluangkan waktu untuk berjalan setiap 30 menit.

    4. Pembekuan darah

    via dailymail.co.uk

    Deep Vein Thrombosis (DVT) atau pembekuan darah terjadi ketika gumpalan darah berkembang hingga menuju kaki yang menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan. Penerbangan yang memakan waktu berjam-jam akan rentan mengalami gangguan ini. Untuk membantu mencegah penggumpalan, lakukanlah gerakan selama penerbangan dan mengenakan stoking untuk menjaga sirkulasi darah.

    5. Radiasi

    via theguardian.com

    Dalam penerbangan jauh, Anda akan lebih rentan terkena radiasi kecil dari sinar kosmik, yang merupakan partikel dari ruang angkasa. Semakin lama penerbangan dan lebih tinggi, maka semakin besar radiasi yang akan diterima para penumpang.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES