1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Zika    18 Maret 2015 17:40

    Begini Cara Manusia Makan di Luar Angkasa

    Makanan itu harus dibuat dengan tujuan berada di lingkungan gravitasi nol.

    Feed - Selama setengah abad, para peneliti berjuang keras mengirim manusia ke luar angkasa. Tapi selain membekali mereka dengan teknologi terkini, para pakar ini juga berupaya memberi makan para astronaut dengan panganan terbaik. Sebab, astronaut yang kelaparan tidak akan efektif untuk bekerja. Jika Anda penasaran bagaimana cara mereka makan di luar angkasa, berikut jawabannya seperti dikutip dari List Verse: 

    Makanan luar angkasa di masa lalu via List Verse.

    Ketika Yuri Gagarin menjadi manusia pertama yang menuju luar angkasa, ia juga jadi manusia pertama yang makan di sana. Semua makanannya disimpan dalam tabung mirip pasta gigi. Sementara orang AS pertama yang menuju angkasa luar, makan panganan yang berbentuk kubus, bubuk, dan cair.

    Mempersiapkan makanan via List Verse.

    Kemajuan soal makanan terjadi di tahun 1965 karena panganan yang disediakan sudah beragam menunya. Mulai dari cocktail udang, roti bakar, ayam, dan sayur. Semua dalam bentuk yang sudah kering dan dibekukan. Pada misi Apollo di tahun 1968 - 1975, air panas mulai muncul. Bahkan kulkas dan mesin pembeku mulai ada di Stasiun Luar Angkasa Skylab.

    via List Verse

    Saat ini semua makanan sudah bisa dibawa ke pesawat luar angkasa. Termasuk pasta, buah, dan beragam jenis makanan populer lainnya. Makanan yang harus dibawa haruslah bergizi, mudah dicerna, dan lezat. Makanan itu juga harus dibuat dengan tujuan berada di lingkungan gravitasi nol, ringan, dibungkus dengan baik, serta harus bisa disiapkan dan dibuang dengan cepat.

    via List Verse

    Gravitasi ternyata juga tidak memengaruhi pencernaan manusia karena ada proses yang disebut peristalsis di esofagus. Kontraksi dan gerakan otot tenggorokanlah yang mendorong makanan menuju ke dalam tubuh dan bukan disebabkan oleh gravitasi.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES