1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Denisa    7 Desember 2014 09:06

    Pahami 8 Tips Mendaki Gunung

    "Tidak mengambil sesuatu kecuali foto, tidak meninggalkan sesuatu kecuali jejak kaki, tidak membunuh sesuatu kecuali waktu."

    Feed - Memiliki nilai rasa ingin tahu tinggi tentang segala suatu hal, khususnya alam, merupakan hal menyenangkan. Keingintahuan itu bisa menjadi indah. Salah satunya bagi pencinta alam yang suka mendaki gunung, menikmati alam.

    Apalagi, berada di Indonesia yang wilayahnya tersebar gunung-gunung ternama panorama cantik untuk didaki.

    Sebelum Anda memulai menjamah alam hingga puncak gunung, sebaiknya mengenal tips pendaki bagi pemula :

    1. Pelajari lokasi gunung

    Tidak semua gunung memiliki medan yang sama. Seperti di Gunung Rinjani, medan seluruh perjalanan hampir 45 derajat. Membaca informasi lebih banyak, sebaiknya dilakukan agar lebih memahami track pendakian.

    2. Olahraga

    Bukan perkara mudah menghadapi pendakian sebuah gunung. Latihan fisik seperti lari akan membantu pernafasan saat berada di atas gunung.

    3. Peralatan

    Tas carrier, sepatu hiking, jaket, pisau lipat, jas hujan, alat masak portabel, senter, peluit, kompas, dan perlengkapan obat P3K merupakan peralatan yang wajib dibawa.

    Jika berkemping di gunung, jangan lupa untuk membawa matras, tenda, dan sleeping bag.

    4. Logistik

    Bawalah makanan secukupnya, tidak kurang atau lebih. Beras, mie instan, kornet bisa menjadi pilihan makanan untuk dibawa mendaki. Tak lupa air dan beberapa makanan kecil seperti biskuit, serta buah pisang untuk penambah tenaga saat mendaki.

    5. Perizinan

    Gunung Kerinci, Gunung Gede-Pangrango, Gunung Argopuro, dan Gunung Semeru adalah gunung-gunung ternama yang mengharuskan pendaki melapor. Pasalnya, pendaki akan lebih mudah mendapat bantuan jika terjadi suatu hal.

    6. Ponsel dan kamera

    Sebelum naik gunung, kabari orangtua atau kerabat terdekat. Ini agar tim SAR atau pihak keamanan setempat mudah mencari disaat jika Anda hilang. Ponsel dan kamera dijaga dengan baik. 

    7. Bertindak sopan

    Biasakan berdoa sebelum memulai segala suatu hal, apalagi disaat Anda sebelum mendaki. Selain itu, bicara dan bertindak sopan.

    8. Cintai alam

    Prinsip ini haru dipegang teguh bagi tiap pendaki. "Take nothing but picture, leave nothing but footprint, kill nothing but time." Selengkapnya di sini. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES