1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Indra    5 Desember 2014 17:26

    Misteri dan Keindahan Bangkai Kapal di Dasar Samudera

    Ribuan ikan menari bebas mengitari. Karang buatan ini jadi pemandangan cantik di zona litoral.

    Feed - Benar adanya jika museum terbesar dunia berada di laut dalam. Gerombolan benda bersejarah tertata rapih dan terjaga di dalam air. Bangkai kapal Titanic jadi salah satu penghuninya. Sudah seabad silam kapal legendaris itu menghiasi Samudra Atlantik Utara.

    Meski tak lagi berfungsi, konstruksinya berubah hebat menjadi sebuah hunian layaknya ‘surga’ bagi biota laut di samudra. Ribuan ikan menari bebas mengitari. Tak peduli makhluk lain mendekat, karang buatan ini jadi pemandangan cantik di zona litoral.

    Selain kapal Titanic, berikut adalan karang buatan paling menakjubkan di dunia.

    1. USS Oriskany

    USS Oriskany via www.ussoriskanydiver.com

    Angkatan Laut Amerika Serikat meledakkan Kapal Induk USS Oriskany di Teluk Mexico. Butuh lebih dari 220 kilogram bom plastik untuk meledakkan kapal ini. Setelah hancur menjadi puing, Kapal USS Oriskany tenggelam dengan sendirinya.

    Menjadikan bawah laut tempat peristirahatan, kapal ini diharapkan dapat membentuk karang koral buatan terbesar di dunia. USS Oriskany mendorong pertumbuhan ekosistem laut berkembang lebih baik dan jadi destinasi rekreasi terbaik dalam air. Baca selengkapnya di sini.

    2. Andrea Doria

    Andrea Doria via larahcroft.blog.cz

    Kapal Italia Andrea Doria masuk dalam daftar peristiwa maut di tengah laut. Kapal ini tenggelam usai bertabrakan dengan kapal Swedia. 46 orang tewas dari 1660 orang yang berada di dalam kapal.

    Andrea Doria kini berada di kedalaman 160 kaki (50 m) lepas pantai Nantucket, Massachusetts. Karena tempatnya yang dangkal, kapal ini destinasi menyelam yang populer meskipun sedikit berbahaya. Baca selengkapnya di sini.

    3. USNS General Hoyt S Vandenberg

    General Hoyt S. via ussoriskanydiver.com

    USNS Vandenberg merupakan sebuah kapal pelacak misil dalam Perang Dunia II yang memiliki panjang 523 kaki. Tenggelam pada kedalaman 140 kaki, kapal ini jadi karang buatan yang sempurna di dasar laut.

    Seorang fotografer asal Austria, Andres Franke, sempat menjadikan tempat ini sabagai gallery. Dia membuat pameran foto bawah laut yang menkajubkan. Andres mendisplay foto berukuran 1,8 meter persegi di sekitar kapal Vandenberg pada kedalaman 93 kaki di bawah permukaan laut dan sepanjang 200 kaki. Baca selengkapnya di sini.

    4. USS Spiegel Grove

    USS Spiegel Grove via divepiranas.com

    USS Spiegel Grove merupakan bangkai kapal Angkatan Laut AS terbesar yang sengaja tenggelam di Key Largo, Florida. Spesies terumbu karang di wilayah itu merupakan objek terbaik untuk para penyelam memanjakan mata.

    Salah satu spesies terumbu karang yang paling terkenal adalah karang molase. Penyelam akan disajikan pemandangan luar biasa dengan biota laut yang bermain di tengah kapal. Baca selengkapnya di sini.

    5. Redbird Reef

    Redbird Reef via aquaviews.net

    Tidak semua terumbu buatan terbentuk dari kapal yang tenggelam. Lihat gambar berikut ini. Kendaraan militer seperti tank juga terjun bebas ke dasar laut. Mereka membentuk karang cantik yang jadi taman bermain penghuni samudra. Baca selengkapnya di sini. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES