1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    20 Maret 2015 13:20

    10 Hal Mengejutkan Penyebab Stres (I)

    Stres dan kecemasan tidak cuma datang hal negatif atau faktor ekonomi.

    Feed - Semua orang mengira bahwa tingkat stres manusia hanya berasal dari uang. Tetapi faktanya, stres dan kecemasan tidak cuma datang hal negatif atau faktor ekonomi. Seperti dilansir health.com, berikut ini adalah beberapa alasan tak terduga yang menyebabkan Anda cemas, stres, atau gelisah.

    1. Sosial media

    via theguardian.com

    Menurut sebuah studi tahun 2015 dari Pew Research Center, media sosial bisa membuat Anda mengetahui situasi stres kehidupan teman, yang pada akhirnya memicu stres pada kehidupan Anda sendiri. Penelitian yang dilaporkan memang tidak terjadi pada pengguna media sosial secara keseluruhan, namun studi lain mengatakan bahwa media sosial bisa menimbulkan efek negatif.

    2. Multitasking

    via kompasiana.com

    Multitasking tidak akan membawa Anda pada hal yang positif. Hal itu justru hanya akan membawa Anda mengurangi tingkat produktivitas dan meningkatkan stres. Saat melakukan lebih dari satu, fokus dan pikiran kita akan terpecah yang memicu rasa cemas. Stres dan kecemasan cenderung mencair ketika pikiran kita terfokus pada satu hal atau satu pekerjaan yang kita kerjakan.

    3. Masa kecil

    via moreintelligentlife.com

    Traumatik di masih kecil bisa mempengaruhi tingkat stres dan kesehatan secara keseluruhan hingga dewasa. Sebuah studi di University of Wisconsin, Madison, tahun 2014 menemukan bahwa pengalaman masa kanak-kanak benar-benar bisa mengubah bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengolah emosi dan stres.

    4. Kopi dan teh

    via warungmassahar

    Kandungan kafein dalam kopi selalu membuat kadar stres seseorang lebih buruk. Terlalu banyak kafein dalam bentuk apapun dapat menyebabkan masalah dengan tidur, pencernaan, dan mudah tersinggung.

    5. Harapan

    via parokilaurentiusbdg.org

    Ketika harapan tidak berjalan mulus, itu bisa membawa Anda pada kecemasan, rasa takut, dan stress. Pola pikir yang pesimis, perlahan membawa Anda terus jatuh dan membuat kejiwaan terus memburuk. Anda harus bersikap realistis dan tidak ambisius atas apa yang Anda harapkan.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES