1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    18 Maret 2016 14:32

    Stop Sembarang Mencium Bayi! Salah-salah Ia Bisa Terpapar 6 Penyakit

    Harap diingat bahwa kekebalan bayi tidak sama dengan kekebalan tubuh orang dewasa.

    Feed.merdeka.com - Siapa sangka ciuman yang diberikan untuk anak Anda sebagai tanda kasih sayang ternyata dapat mendatangkan berbagai penyakit serius. Oleh karenanya jangan sembarangan mencium bayi ketika Anda tengah tidak fit.

    Hal sebaliknya pun terjadi pada Anda agar tidak mencium anak orang lain sembarangan. Salah-salah, mencium bayi malah akan mendatangkan penyakit tertentu. Harap diingat bahwa kekebalan bayi tidak sama dengan kekebalan tubuh orang dewasa. Berikut enam penyakit yang bisa menghinggapi bayi karena ciuman. 

    1. Penyebaran penyakit
    Saat mencium, air liur satu orang mungkin bisa ditransfer ke yang lain. Hal inilah yang akhirnya menyebarkan penyakit dari satu orang ke orang lain. Dan, imunitas bayi tidak bisa menangani masalah ini.

    2. Virus herpes
    EBV merupakan jenis virus herpes yang dapat ditransfer ke orang lain dengan berciuman. Virus ini akan tetap di dalam tubuh seseorang sepanjang hidup.

    3. Demam
    Setelah mencium bayi lalu ia menimbukan gejala seperti demam, sakit tenggorokan, kelelahan, dan nampak lemah, maka bisa saja si kecil terkena penyakit yang disebarkan oleh ciuman. Segeralah konsultasi ke dokter.

    4. Flu
    Bahkan flu dapat menyebar dari orang dewasa untuk bayi melalui ciuman sederhana. Gejalanya seperti sakit tenggorokan, demam, sakit kepala, dan nyeri otot.

    5. Meningitis
    Meningitis ialah penyakit menular dan dapat memengaruhi semua bagian tubuh. Demam, mual, menggigil, kebingungan, sakit leher, dan sakit kepala adalah beberapa gejalanya.

    6. Virus Cytomegalo
    Penyakit ini disebut sebagai CMV. Air liur dapat menyebarkan penyakit ini dan bisa tinggal di dalam tubuh selama bertahun-tahun.

    Baca juga:

    8 Inspirasi Nama Bayi dari Kaum Cendekia Dunia

    Bahaya Minum Air Putih bagi Bayi di Bawah Usia 6 Bulan

    5 Jenis Minyak yang Aman untuk Memijat Bayi

    10 Nama Bayi Perempuan Tercantik di 2016

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES