1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    12 Januari 2015 11:38

    Manfaat Istimewa Tidur Siang

    Kinerja ptak meningkat hingga menurunkan resiko penyakit jantung jadi manfaat istimewa dari tidur siang.

    Feed - Sulit dicegah untuk menahan kantuk di siang hari. Kedua kelopak mata seakan dihujani ratusan beban sehingga terasa begitu berat dan rayuan untuk tidur sangat sulit untuk dihindari.

    Kesan pemalas akan timbul bagi mereka yang kerap melakukan tidur siang. Namun pada kenyataanya, tidur siang merupakan relaksasi tubuh dari segudang aktifitas untuk menenangkan saraf-saraf yang tegang akibat aktifitas yang di jalani.

    Hal sederhana ini juga punya segudang manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Diantaranya yakni menunjukan kerja otak kanan manusia yang lebih tinggi. Selain baik untuk kinerja otak, berikut ini adalah manfaat istimewa tidur siang yang perlu Anda ketahui.

    1. Tingkatkan daya ingat

    Kualitas tidur siang yang baik kerap kali dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik. Hal ini menunjukkan, tidur siang dapat memberikan manfaat positif pada otak. 

    Tidur siang sekitar 45 menit dinilai mampu mengurangi rasa lelah secara psikologis dan bisa membantu meningkatkan daya ingat. Terlebih mereka yang menginjak umur di atas 50-an. Karena semakin meningkatnya umur, mereka cenderung melupakkan memori di masa lampau dan menurunnya daya ingat.

    Peningkatan ini terjadi dalam fase slow-wave sleep atau tidur gelombang pendek sebagaimana biasa terjadi saat tidur siang. Baca selengkapnya Tidur Siang Meningkatkan Daya Ingat.

    2. Cegah Stroke dan Jantung

    Janganlah anggap remeh tidur siang. Karena nyatanya tidur siang  mampu mencegah penyakit jantung. Setidaknya luangkan waktu untuk tidur siang paling singkat selama 20-40 menit setiap harinya, untuk mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke. Baca selengkapnya Tidur Siang Mencegah Jantung.

    3. Naikkan Produktivitas

    Banyak yang menyepelekan untuk tidur siang, faktanya kegiatan ini dapat melindungi otak dari pengolahan informasi yang terjadi secara berlebihan dan membantu mencerna informasi yang baru dipelajari. Jika hal ini terus dilakukan, pada akhirnya akan meningkatkan konsentrasi seseorang dan produktifitas di tempat kerja. Baca selengkapnya Tidur Siang Meningkatkan Produktivitas.

    4. Turunkan stress

    Relax, tenang, dan bugar merupakan hal yang biasa dirasakan setelah melakukan tidur siang. Bahkan tidur siang juga dirasa mampu menurunkan kadar stress yang dialami oleh seseorang. Ini terbukti setelah penelitian yang di Jerman mengungkapkan, hormon stres secara dramatis mengalami penurunan setelah tidur siang, terutama jika semalam tidurnya kurang begitu nyenyak. Baca selengkapnya Tidur Siang Menurunkan Stress.

    5. Mengobati insomnia

    Bagi orang yang mengidap gangguan sebaiknya membiasakan untuk tidur siang. Karena jika hal sederhana ini diabaikan maka ditakutkan akan terkena kelelahan, daya ingat menurun, sulit untuk berkonsentrasi, hingga pada penurunan kualitas kerja dan sampai meningkatkan risiko kecelakaan. Baca selengkapnya Tidur Siang Mengobati Insomnia. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES