1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PESAWAT


  8. Reporter : Lia Harahap    20 Juni 2017 07:17

    Lima kisah pesawat hilang misterius saat terbang

    Sinyal radio yang dikirimkan pesawat mendadak tak tertangkap.

    Feed.merdeka.com - Meskipun mesin pada pesawat terbang telah dirakit dengan sangat canggih, kondisi error tetap mungkin terjadi. Itu adalah fakta yang tak bisa dibantah.

    Namun tak jarang dalam banyak kasus, pesawat mendadak hilang misterius dari radar pemantau. Sinyal radio yang dikirimkan pesawat mendadak tak tertangkap.

    Anehnya lagi, jika pesawat tersebut kemungkinan gangguan di udara dan meledak, nyatanya tak ada serpihan puing yang ditemuka sebagai petunjuk. Entah ke mana dan apa yang terjadi, namun pesawat itu seorang hilang di telan bumi tanpa jejak.

    Berikut ini lima cerita pesawat yang hilang secara misterius dikutip dari listverse.com:

    1. Pesawat MH 370

    Pesawat Malaysian Airlines dinyatakan hilang di udara setelah lepas landas pada 8 Maret 2014. Pesawat itu sedianya akan terbang dari Kuala Lumpur, Malaysia dengan tujuan Beijing, China.

    Saat itu, pesawat membawa 227 penumpang dan 12 awak. Meski proses pencarian sudah menelan biaya yang cukup mahal, nyatanya keberadaan pesawat itu keberadaan pesawat tersebut belum bisa terlacak. Sempat ada temuan serpihan yang diduga pecahan bagian sayap, namun keabsahannya belum dapat dibenarkan.

    Sebab hilangnya pesawat juga belum diketahui. Namun pagi hari sebelum pesawat hilang, pilot sempat berkomunikasi pada pukul 1 dini hari. Namun mendadak, transponder pesawat berhenti berfungsi. Padahal, Transponder memungkinkan pesawat dilacak oleh radar kontrol lalu lintas udara.

    Namun oleh radar militer, pesawat sempat terlacak berbelok ke kanan dan kemudian berada pada ketinggian tidak menentu tertinggal. Saat itu coba dilakukan dua kali komunikasi ke kokpit namun tidak ada jawaban.

    Update status terakhir pada pukul 8 pagi (waktu seharusnya pesawat mendarat di Beijing) tapi ternyata tidak ada tanda-tanda pesawat mendarat. Berbagai spekulasi bermunculan soal hilangnya pesawat, mulai dari kehabisan bahan bakar dan ragam hal yang mungkin terjadi pada kondisi pesawat. Namun dugaan menguat kemungkinan pesawat jatuh di perairan Samudra Hindia dengan kecepatan yang sangat tinggi.

    2. N844AA

    Pesawat yang terdaftar dengan nama N844AA mendadak hilang setelah lepas landas dari Bandara Quatro de Fevereiro, Angola pada 25 Mei 2013 silam.

    Sebelumnya, pesawat tersebut baru saja dipiloti Ben Padilla dan mekanik John Mutantu. Pesawat diduga terbang tanpa izin dan juga tidak berkomunikasi dengan menara kontrol.

    Pesawat seperti berjalan tanpa lampu dan melakukan beberapa manuver tak biasa hingga luput dari pantuan, kemudian diketahui telah lepas landas menyebrang lautan.

    Sejak hari itu, pesawat dan dua pria tidak diketahui keberadaannya. Tim FBI dan CIA juga sempat melakukan pencarian tapi pesawat tidak ditemukan.

    3. 2016 Indian Air Force Disappearance

    Pada 22 Juli 2016, sebuah pesawat transport twin-engine Antonov An-32 milik Angkatan Udara India hilang saat terbang di atas Teluk Benggala. Saat itu, pesawat diisi 29 orang, 23 penumpang dan enam awak kapal.

    Pesawat hilang kontak dengan menara kontrol pukul 09.12 waktu setempat. Sempat dilakukan operasi pencarian dan penyelamatan namun tidak diketemukan.

    Padahal proses pencarian pesawat tersebut termasuk sejarah karena turut melibatkan enam belas kapal, sebuah kapal selam, dan enam pesawat.

    Lebih kurang 3 bulan, pencarian dinyatakan selesai karena pesawat tak ditemukan.

    4. Star Ariel

    Pesawar Star Ariel dinyatakan menghilang pada tanggal 17 Januari 1949. Tak diketahui sebab hilangnya pesawat British South American Airways (BSAA) yang membawa 20 awak dan penumpangnya.

     

    Cuaca saat pesawat berada di udara sangat bagus begitu juga dengan jarak pandangnya. Pilot juga sangat berpengalaman.

    Saat itu, kapten penerbangan memilih jalur penerbangan dengan ketinggian maksimal karena melihat cuaca cukup baik di kawasan Bermuda dan Kingston, Jamaica.

    Sebelum dinyatakan menghilang, kokpit sempat melakukan komunikasi pukul 09.42 pagi. Kemudian tidak ada lagi komunikasi hingga dinyatakan menghilang.

    Saat itu semua dikerahkan untuk melakukan pencarian yang dipimpin satuan tugas Angkatan Laut AS. Namun dalam upaya pencarian, tidak ditemukan bekas reruntuhan, tumpahan bahan bakar, puing, atau mayat kemungkinan penumpang.

    "Dengan tidak adanya bukti karena tidak ada reruntuhan yang ditemukan, penyebab kecelakaan itu tidak diketahui," kata tim penyelidik pesawat hilang tersebut.

    5. Star Tiger

    Pesawat British South American Airways (BSAA) lainnya, Star Tiger, dinyatakan menghilang pada penerbangan 30 Januari 1948 silam. Pesawat hilang kontak saat terbang di antara Santa Maria dan Bermuda.

    Saat itu pesawat berisi 31 penumpang dan awak kapal. Sebab hilangnya pesawat tak diketahui

    Namun saat itu, Star Tiger terbangkan dalam kondisi cuaca kurang baik. Di bawah dua pilot berpengalaman, pesawat itu dihadapkan kondisi angin kencang dan hujan deras. Hal itu menyebabkan ketinggian jelajah yang sangat rendah. Dengan jarak 600 meter (2.000 kaki), tentu penerbangan menjadi sangat berbahaya.

    Saat itu tak ada panggilan darurat yang dikirimkan pilot. Saat dinyatakan menghilang, juga tak ditemukan bangkai atau puing pesawat nahas itu.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES