1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    24 Maret 2015 08:51

    Jangan Minum Kopi Pada Jam Ini

    Tapi tahukah Anda waktu dan jam yang tepat untuk meminum secangkir kopi?

    Feed - Selama ini kopi dianggap sebagai salah satu bahan bakar manusia untuk menjaga stamina. Mulai dari pagi hari, siang, hingga menjelang tidur, kopi tetap jadi minuman pendamping yang menyenangkan. Banyak pakar kopi yang mengatakan, bahwa batas aman minum kopi yang paling aman adalah tiga cangkir dalam satu hari. Hal itu dikarenakan agar penikmat kopi dapat terhindar dari gangguan tidur seperti insomnia.

    Tapi tahukah Anda waktu dan jam yang tepat untuk meminum secangkir kopi? Steven Miller, seorang ahli saraf dari Uniformed Services University of the Health Sciences mengatakan bahwa jam minum kopi tidak bisa sembarang waktu.

    08.00-09.00 Pagi

    via healthlady.com

    Setelah bangun pagi, kadar kortisol manusia cenderung tinggi bahkan bisa di atas rata-rata atau angka normal. Kortisol adalah hormon yang sangat terkenal dan biasa keluar saat manusia mengalami stress.

    Menyeruput kopi saat kortisol sedang tinggi sekitar pukul 08.00 sampai 09.00 akan menyebabkan kondisi tubuh menjadi kurang efektif. Seperti dilansir telegraph.co.uk, Steven mengatakan, meminum kopi di jam ini bisa menimbulkan rasa candu bagi penikmatnya. Asupan kafein yang masuk dalam tubuh terasa kurang mampu mendongkrak stamina. Sehingga tubuh terus meminta kafein yang bisa berisiko gangguan kesehatan jantung karena terlalu banyak kafein.

    Selain pukul 08.00-09.00, Steven juga menyarankan tidak meminum kopi pada pukul 13.00 dan 17.30 hingga 18.30. Hal itu dilakukan untuk menjaga kadar kortisol tetap normal.

    09.30 dan 11.30 Siang

    via huffingtonpost.com

    Sementara itu, waktu yang tepat untuk meminum kopi yakni antara pukul 09.30 dan 11.30 siang. Sebab pada saat itu, kafein bekerja bersamaan dengan hormon kortisol yang membantu mengatur jam kerja tubuh manusia dan meningkatkan kewaspadaan.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES