1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. V
  6.  » 
  7. VIRAL NEWS


  8. Reporter :     7 Maret 2018 18:02

    Jakarta dan 5 kota besar ini dibayangi ancaman gempa

    Warga Ibu Kota diminta untuk selalu berhati-hati terhadap ancaman gempa yang bisa terjadi kapan saja.

    Feed.merdeka.com - Jakarta menjadi salah satu kota di dunia yang rawan diguncang gempa. Kota berjuluk The Big Durian itu berpotensi terkena lindu megathrust sebesar 8,7 skala Ritcher yang berpusat di Pulau Jawa. Karena itu, warga Ibu Kota diminta untuk selalu berhati-hati terhadap ancaman gempa yang bisa terjadi kapan saja.

    Gempa 6,1 skala richter di wilayah selatan Banten dan Jakarta, pada Selasa 23 Januari 2018 lalu itu bisa menjadi peringatan. Tak terbayangkan efeknya bagi Jakarta jika gempa megathrust 8,7 SR sampai melanda.

    Itulah mengapa mitigasi bencana dan audit gedung-gedung tinggi wajib dilakukan. Sebab, gempa mungkin tak membunuh manusia, namun kualitas bangunan yang parah akan merenggut banyak nyawa.

    Selain Jakarta, sejumlah kota di Selandia Baru juga rawan lindu megathrust. Tak hanya itu, usai gempa besar, ancaman mega-tsunami, yakni tsunami berukuran raksasa, diprediksi akan menghantam beberapa kawasan pesisir Selandia Baru.

    Ilmuwan geofisika asal Amerika Serikat, Steven Ward, mengatakan bahwa beberapa kota penting di Selandia Baru akan terkena dampak tsunami raksasa, mulai dari kota Auckland di Pulau Utara hingga kota Christchurch di Pulau Selatan.

    Khusus untuk Kota Christchurch, Ward menyebut dampak tsunami raksasa akan lebih parah dari gempa berkekuatan 6,3 SR pada 2011 lalu.

    Dampak gempa juga berpotensi terjadi di Wellington, ibu kota Selandia Baru. Berikut 5 wilayah dan kota besar yang juga rentan gempa, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

    1. Teheran, Iran

    Selama ini, sesar San Andreas atau Cincin Api Pasifik dianggap sebagai kawasan paling berisiko gempa bumi, tetapi tidak banyak orang yang menyadari bahwa sesar Anatolia Utara mencakup Teheran, Iran, adalah salah satu yang paling berbahaya di dunia.

    Akibatnya, sekitar 13,6 juta penduduk Teheran terpapar bahaya, demikian juga dengan Bucharest, Tashkent (ibukota Uzbekistan), dan sebagian besar Turki.

    2. Los Angeles, Amerika Serikat

    Menurut survei Badan Geologi Dunia atau World Geological Survey, ada peluang lebih dari 99% persen California mengalami gempa besar, hingga 6,7 SR dalam 30 tahun ke depan.

    Meski Los Angeles dan San Francisco terhitung sangat maju, dua kota di negara bagian California itu tidak sepenuhnya siap menghadapi guncangan. Potensi gempa kedua kota di Amerika Serikat itu terkait dengan patahan San Andreas yang menggeliat dan melepaskan energi yang memicu guncangan dahsyat.

    Patahan atau sesar San Andreas memiliki panjang 1.300 km, membentuk batas tektonik antara Lempeng Pasifik dan Lempeng Amerika Utara. Ia membentang bak bekas luka hingga ke California Selatan.

    Sesar tersebut dianggap sebagai salah satu patahan paling berbahaya, dan bertanggung jawab atas sejumlah lindu besar dalam sejarah. Termasuk, gempa 7,8 SR di San Fransisco pada 18 April 1906 yang menewaskan 3.000 orang dan memicu kebakaran hebat. Selengkapnya baca di sini

    Reporter: 

    Sumber: Liputan6

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES