1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. V
  6.  » 
  7. VIDEO VIRAL


  8. Reporter :     19 Februari 2018 13:00

    Hiu raksasa terdampar di pantai Filipina, pertanda gempa besar?

    Masyarakat setempat percaya itu bisa menjadi tanda gempa yang akan datang.

    Feed.merdeka.com - Makhluk laut besar yang terdampar di pinggir pantai kerap diprediksi sebagai pertanda akan datang gempa bumi besar. Hal ini yang kemudian membuat penduduk lokal di Negros Selatan, Filipina, tidak dapat menahan rasa takut mereka setelah seekor hiu megamouth raksasa terdampar ke daratan.

    Melihat makhluk besar itu terdampar di pantai adalah kejadian yang sangat langka, dan mereka percaya itu bisa menjadi tanda gempa yang akan datang.

    Namun, para ahli mengklaim bahwa ini hanyalah kepercayaan takhayul karena tidak ada penelitian ilmiah untuk membuktikan pertanda itu, seperti dikutip Viral4real.com.

    Di Jepang, ikan oarfish diyakini sebagai pertanda tsunami atau gempa besar. Sesaat sebelum gempa dan tsunami Tohoku 2011 melanda Jepang, sekitar 20 oarfish terdampar di pantai di daerah tersebut. Pada 2017, sebuah gempa terjadi di Surigao, Filipina, dua hari setelah seekor ikan garsar ditemukan tewas oleh penduduk di salah satu pantai provinsi tersebut.

    Kiyoshi Wadatsumi, seorang ahli seismologi Jepang, menjelaskan dalam sebuah laporan Japan Time, bahwa makhluk laut sangat peka terhadap pergerakan tidak teratur di dasar laut. Keberadaan mereka di perairan dangkal menunjukkan bahwa ada sesuatu yang terjadi di kedalaman.

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES