1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    21 Desember 2015 11:17

    Hindari Makanan Ini Saat Anda Menyusui

    Jika sedang menyusui bayi, seorang ibu harus lebih memerhatikan apa yang terjadi di dalam dirinya.

    Feed- Seorang ibu harus berhati-hati tentang banyak hal, mulai dari kehamilan hingga menyusui bayi mereka. Sebabnya, makanan yang ibu makan memiliki dampak besar pada bayi, tidak hanya selama kehamilan, tetapi juga selama menyusui.

    Jika sedang menyusui bayi, seorang ibu harus lebih memerhatikan apa yang terjadi di dalam dirinya. Makanan dan obat-obatan dapat masuk ke dalam ASI dan kemudian masuk ke dalam tubuh bayi Anda. Ini bisa menyebabkan banyak efek berbahaya bagi bayi. Khusus untuk makanan dan minuman, ada yang wajib Anda hindari saat menyusui, di antaranya:

    1. Kopi
    Minum kopi menyebabkan kafein yang ada di dalam kopi masuk ke dalam tubuh bayi. Bayi yang baru lahir tidak bisa menghilangkan kafein dari tubuhnya dan bisa membuatnya sulit tidur.

    2. Bawang putih
    Jika Anda sering makan bawang putih atau makanan yang mengandung bawang putih, rasa dari tanaman ini akan masuk ke dalam ASI. Jangan heran jika kemudian bayi menjauhkan diri dari menyusui.

    3. Ikan tinggi merkuri
    Ikan kaya akan asam lemak esensial dan protein. Namun, saat menyusui, Anda harus menghindari asupan ikan yang berlebihan karena ditakutkan mengandung merkuri. Ikan yang tinggi merkuri antara lain ikan todak, makarel, ikan air tawar, dan ikan tuna.

    4. Makanan pedas
    Rempah-rempah pedas dalam makanan juga dapat masuk ke ASI serta langsung masuk ke tubuh bayi. Rempah-rempah ini dapat mengganggu pencernaan bayi, penyebab iritasi lambung, masalah perut, dan bahkan menyebabkan muntah.

    5. Produk turunan susu
    Susu buatan mengandung protein dan kebanyakan bayi tidak dapat mencerna protein susu sapi. Ketika ibu makan keju, yogurt, dan produk susu lainnya, dapat membuat bayi sakit perut dan mengalami masalah gas. (Anisha Saktian.P)

    Baca juga:

    Terbukti Akurat, 5 Bahan Rumahan Ini Mampu Mendeteksi Kehamilan Wanita

    Ramuan Alami Ampuh, Hilangkan Sakit Tenggorokan dalam Tempo 4 Jam

    7 Obat Rumahan untuk Mengatasi Gatal yang Mengganggu

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES