1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Anisha    7 April 2016 14:37

    Hai Penderita Diabetes, Jaga Baik-baik Kaki Anda Karena...

    Penderita diabetes bisa diamputasi karena masalah kaki ini.

    Feed.merdeka.com - Diabetes merupakan kondisi di mana kadar gula atau glukosa dalam darah meningkat. Tubuh memproduksi insulin, suatu hormon yang dikeluarkan oleh pankreas, untuk memecah gula yang dikonsumsi dalam makanan. Penurunan produksi insulin menyebabkan diabetes.

    Tapi tanpa banyak yang menyadari, masalah kaki merupakan penyebab penting dari komplikasi pada individu dengan diabetes. Selama bertahun-tahun, sirkulasi darah di tungkai dan kaki dapat menjadi buruk dan saraf menjadi kurang sensitif.

    "Seseorang dengan diabetes tidak sadar bisa melukai kaki mereka karena berkurangnya sensasi," kata Prof. DR. dr. Sidartawan Soegondo, saat ditemui di bilangan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

    Pasien berisiko terjadi masalah pada kaki pada usia lebih dari 40 tahun dan kerap menggunakan tembakau seperti merokok. Hal ini akan memengaruhi penurunan sensasi dan aliran darah ke kaki yang menyebabkan cacat anatomis atau riwayat ulkus kaki atau amputasi.

    Untuk mencegah komplikasi kaki, seseorang dengan diabetes harus memeriksa secara teratur untuk berbagai kondisi kaki. "Perdarahan, kapalan, lecet, kuku tumbuh kedalam, kulit kering dan pecah-pecah, kemerahan, bengkak, penyembuhan lambat dari luka, serta hilangnya sensai yang patut selalu Anda perhatikan kondisi ketika terkena diabetes," tambah Sidartawan

    Dengan perawatan kaki yang tepat, diperkirakan bahwa sebanyak setengah dari amputasi tungkai dan kaki bisa dicegah. Selain itu, pilihan yang tepat untuk alas kaki sangat penting.

    Baca juga:

    Ayo Lawan Diabetes dengan Trik Berikut

    Menu Diet Ini Menjamin Anda Jauh dari Diabetes

    Gejala Diabetes Pada Wanita

    6 Gejala Aneh Anda Kekurangan Zat Besi

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES