1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KECANTIKAN


  8. Reporter : Zika    28 Desember 2015 14:31

    Dua Produk Ini "Haram" Sentuh Wajah Anda

    Pada hakikatnya kedua produk ini malah menimbulkan masalah kulit yang lebih berat.

    Feed - Jangan percaya begitu saja dengan mitos-mitos kecantikan yang menggunakan beragam produk. Pelajari dulu dampak yang bisa dihasilkannya pada kulit dan wajah Anda. Dua produk berikut contohnya, mereka terkadang disebutkan sebagai obat pencerah wajah yang baik. Tapi pada hakikatnya kedua produk ini malah menimbulkan masalah kulit yang lebih berat.

    1. Pasta gigi
    Pernahkah Anda mendengar nasihat untuk mengoleskan pasta gigi ke jerawat yang membandel di wajah? Jika iya, segera tampik jauh-jauh nasihat itu.

     

    Pasta gigi mengandung bahan yang bisa merusak kulit, menyebabkan kulit memerah, dan iritasi. Mereka yang pernah mencoba metode ini pada jerawatnya melaporkan rasa terbakar dan membuat kulit bengkak selama beberapa hari sesudahnya. Mitos ini sendiri berawal dari kandungan triclosan yang ada di dalam pasta gigi. Triclosan ini juga ditemukan di dalam sabun, deodoran, dan sabun. 

    2. Sabun badan

    via soapdelinews.com

    Mengaku atau tidak tetapi ini pernah Anda lakukan: menggunakan sabun badan untuk wajah. Ada dua alasan mengapa Anda tidak boleh melakukannya. Dikutip dari Skincareabout.com, alasan pertama adalah kulit tubuh dan wajah berbeda. Kulit di wajah manusia lebih sering terpapar komponen asing sehingga lebih ringkih terhadap kerusakan.

    Logika sederhananya, wajah Anda selalu terbuka dan terkontaminasi matahari dan debu. Sebaliknya, tubuh Anda selalu tertutup pakaian sehingga matahari dan debu menghadapi "penghalang" untuk mengotorinya.

    via www.livescience.com

    Alasan kedua adalah produk tubuh dan wajah diformulasikan oleh unsur yang berbeda. Lotion untuk tubuh memiliki bahan yang lebih "berat" macam minyak jelly dan memiliki aroma yang berbeda-beda. Tapi bila lotion beraroma ini digunakan di wajah, hanya akan menimbulkan iritasi dan kulit akan terasa "berat". Bahkan bila terus-menerus digunakan di wajah akan menyebabkan pori terbuka lebih besar.

    Logika yang sama diterapkan pada sabun. Sabun untuk tubuh, baik cair ataupun batangan, tidaklah selembut sabun untuk wajah. Sabun untuk tubuh yang digunakan di wajah hanya akan menyebabkan kering dan iritasi.

    Baca juga:

    Makna Kode Warna di Kemasan Pasta Gigi Anda

    16 Fungsi Pasta Gigi yang Tak Anda Duga (II)

    Empat Jenis Minyak yang Manjur Percantik Kulit Wajah Anda

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES