1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FAMILY


  8. Reporter : Anisha    17 Februari 2016 11:14

    Cara Pintar Membuat Anak Gemar Membaca

    Anda sebagai orangtua harus lebih kreatif dalam membaca buku untuk anak.

    Feed.merdeka.com - Di era globalisasi penggunaan gadget sudah menjadi keharusan. Tak terkecuali anak-anak. Mereka bisa berlama-lama memandangi monitor hanya untuk melihat video atau bermain games.

    Perilaku ini disebut juga dengan screen time. Akibatnya, anak-anak tidak lagi tertarik membaca buku. Elizabeth Santosa, psikolog pendidikan dan anak menjelaskan sebenernya membaca lebih baik dibandingkan Anda memberikan gadget pada anak.

    "Membaca dapat mengasah IQ anak sebab otak anak masih sangat mudah menyerap kosa kota yang banyak," ujar Elizabeth saat ditemui di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

    via pbs.org

    Dia menambahkan, anak-anak yang tidak pernah membaca buku sangat terlihat seperti bahasa verbal yang kurang serta tidak mudah menangkap informasi yang diberikan secara langsung oleh orang lain. Contohnya ia akan kesulitan mengerti pertanyaan dari gurunya.

    Memang tidak mudah bagi orangtua membuat anak menyukai membaca buku. Oleh karenanya, Anda sebagai orangtua harus lebih kreatif dalam membaca buku untuk anak.

    "Jangan bacakan buku si anak, tapi ajaklah ia membaca bersama dengan Anda dan buatlah isi buku tersebut menarik untuk anak," ujar Elizabeth.

    via modifylifestyle.com

    Kemasan buku yang menarik seperti warna dan ilustrasi membuat si kecil tertarik dan penasaran dengan buku yang akan ia baca. Selain itu, Anda harus memiliki mental yang kuat jika si anak lebih memilih gadget dibanding membaca buku.

    "Jangan biarkan rasa kasihan melihat anak menangis lalu meluluhkan hati Anda untuk memberikan gadget. Merancang pola asuh memang sangat diperlukan," tambah Elizabeth.

    Menurut Elizabeth, ada dua faktor yang menyebabkan anak ketagihan gadget. Dan, tidak bisa dipungkiri hal itu bisa datang dari orangtua yang kurang cermat mendidik si buah hati sejak kecil.

    "Ada dua faktor yang menyebabkan anak-anak ketagihan berlama-lama screen time yaitu orang tua yang tidak sadar mengabaikan anak akibat sibuk dalam dunia layar elektroniknya, dan orang tua yang kurang memahami bahaya screen time," tutur Elizabeth. [crosslink_1]

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES