1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    22 September 2016 12:35

    Cara Berikan Pertolongan Pertama pada Seseorang yang Tersedak

    Tersedak bisa membuat seseorang tewas.

    Feed.merdeka.com - Tersedak memang bukanlah hal sepele yang bisa kita abaikan begitu saja. Bahkan, masalah ini bisa membuat seseorang kehilangan nyawa.

    Tersedak bisa terjadi kapan saja dan pada siapa saja. Untuk, itu tidak ada salahnya kita mempelajari cara-cara yang bisa dilakukan ketika seseorang tersedak. Dr. Lelita, selaku praktisi keamanan dan keselamatan 4Life, membagikan bagaimana cara menanganinya.

    Dewasa
    Saat tersedak, paksa korban untuk batuk dan muntah. Jika kedua hal tersebut tidak berhasil, tahan badan dan coba untuk meredakan tersedak dengan memukul sebanyak lima kali di antara bahu dengan menggunakan telapak tangan. Apabila korban mulai kehilangan kesadaran dan berhenti bernapas normal, mulailah lakukan CPR dan segara hubungi dokter.

    Bayi
    Tidurkan bayi di lengan menghadap ke bawah sambil ditengadakan ke bawah sehingga posisi kepala lebih rendah dari dada. Pegang kepala bayi dengan tangan Anda, tahan mulut bayi dan pastikan leher tidak menekuk ke dada. Tepuk punggung bayi sebanyak lima kali diantara bahu dengan menggunakan telapak tangan.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES