1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. M
  6.  » 
  7. MUSIK


  8. Reporter : Yulistyo Pratomo    12 Juli 2017 08:30

    Ini sejoli asal Bandung yang gubah 'Despacito' jadi musik metal

    Sudah dengar lagu 'Despacito' yang digubah G&M Guitars ini? Ini profil mereka.

    Feed.merdeka.com - Sudah dengar lagu 'Despacito' yang digubah G&M Guitars ini? Keren kan. Sebenarnya mereka berdua adalah pasangan kekasih, berkenalan sejak duduk di bangku SMK dan langsung klop begitu tahu keduanya gemar musik metal.

    Yang cowok namanya Grizaldi Adipramasatya dan pacarnya Meliani Siti Sumartini. 'Despacito' bukan musik pertama mereka, keduanya justru sudah lama menggebrak Youtube dengan musik metalnya.

    "Kami pas pertama ketemu udah bisa main metal," kata Grizaldi alias Zaldi saat berbincang dengan merdeka.com, Selasa (11/7) malam.

    Berikut hasil tanya jawab tim merdeka.com dengan dua sejoli penggemar musik metal ini.

    Sore mas Grizaldi, salam kenal, nama saya Yulistyo atau bisa dipanggil Tyo. Saya jurnalis dari merdeka.com.

    Saya baru saja nonton video mas dan adiknya yang berjudul Despacito. Asli keren banget mas. Nah, saya yakin ada beberapa pembaca kami yang ingin mengenal lebih jauh tentang kalian berdua.

    Kalau boleh saya ingin wawancara dengan mas dan adiknya. Jika di Jakarta boleh tau bisa ketemu di mana, atau komunikasi via Facebook Messager juga boleh.

    Sebelumnya makasih ya mas Tyo udah nonton. Pertama saya klarifikasi dulu, di video itu saya sama pacar saya bukan adik. Kalau mau wawancara bisa lewat Line, Messenger, atau WA boleh. Karena kami berdomisili di Bandung susah kalau ketemu. Mau diterusin di mana nih kira-kira? Line, Messenger, WA.

    Boleh di messenger juga enggak apa-apa. Saya baru nonton videonya. Boleh cerita awalnya kalian berdua bisa ketemu terus bentuk band kecil yang nuansanya rock. Mas dan pacarnya belajar musik metal dari mana?

    Kita ketemu di sekolah SMK, saya kakak kelasnya, oh iya nama pacar saya Meliani. Dulu juga pernah booming bikin video Lamb of God Guitar cover, banyak yang liput juga kok. Kami pas pertama ketemu udah bisa main metal.

    Kami otodidak. Kalau saya belajar pertama dari kakek saya, terus ke uwak saya dan saudara sepupu saya. Kalau meliani belajar ke kakaknya, soalnya dulu kakaknya seneng main gitar metal dan Meliani pun tertarik. Untuk next levelnya, kami lebih sering belajar ke artis-artis dunia, yang udah banyak videonya di Youtube, ataupun belajar partitur karya musisi populer.

    Meilani dan Grizaldi bermain musik.
    © 2017 Facebook.com/G&M Guitars

    Nah kalian berdua kok bisa condong ke musik metal?

    Kami condong ke musik metal, karena metal itu dianggap keren, dan terlihat susah dimainkan gitu, jadi kalau bisa main metal keliatannya keren. Dan di genre metal itu banyak teknik dan gaya-gaya terapan dari genre lain, misalnya dari klasik, jadilah neoclasicalmetal.

    Oh iya, G&M itu nama channel youtube" G&M Guitars. G&M = Grizaldi & Meliani. Bukan band. Kita juga punya band namanya Helaragon.

    Selain menggubah lagu jadi musik metal, pernah enggak menciptakan lagu sendiri?

    Pernah, kita udah ngeluarin EP Helaragon 2016. Dan banyak video di Youtube yang ciptaan sendiri. Contoh "Indonesian Sundanese Metal" yang udah viral dan udah 1 juta view di Youtube. Ada juga Blues metal song, 1 hand metal song, acoustic metal song dll. Itu semua ciptaan sendiri.

    Meliani dan Grizaldi bernama bandnya Helaragon
    © 2017 Instagram/@melianisitisumartini

    Boleh tahu grup band metal yang digemari? Terus band apa yang kalian jadi kiblat kalian dalam bermain musik?

    Kita lebih seneng band aliran death metal seperti Necrophagist, Obscura. Kalau bermain musik kita enggak jauh berkiblatnya ke band di atas tadi, tapi terkadang berkiblat ke aliran deathcore sepeeti all shall perish, ataupun instrumental metal seperti Animals as Leaders tapi terkadang kami bikin lagu kaya power metal, rock, punk rock, dan lainnya.

    Jadi gak melulu metal ya?

    Iya, enggak selalu metal, tergantung kebutuhan aja.

    Kalau boleh tau di Bandung masing-masing tinggalnya daerah mana ya?

    Kalau saya di Sarijadi, kalo Meliani di Pasar Baru.

    BTW sudah masuk dapur rekaman belum?

    Kita masih indie belum masuk label.

    Ada mimpi gak masuk label, atau setidaknya bisa nyusul band-band metal yang sudah terkenal di dunia musik Indonesia?

    Ada dong. Kami pengen mencontoh seperti band Burgerkill, Jasad, Beside. Yang mana pergerakan komunitas penggemarnya solid. Dan juga mereka udah beberapa kali mengaharumkan nama Indonesia di luar negeri.

    Kami pengen bisa go internasional dan memberi pengaruh positif terhadap permusikan metal dunia. Dan menunjukan kalau pengen jadi anak metal enggak perlu tatoan, enggak perlu mabok mabokan, dan enggak perlu pakai narkoba. Jadi diri sendiri sesuai nilai dan norma di masyarakat sendiri juga bisa jadi keren.

    Meilani dan Grizaldi di salah satu event musik Bandung
    © 2017 Instagram/@melianisitisumartini

    Boleh tahu nama panggilannya apa?

    Biasanya kalo sama temen temen dipanggilnya Griz, ada juga Zaldi.

    Musik metal sendiri sejauh ini masih kurang diterima di Indonesia. Ada enggak cara mas dan pacarnya untuk mengatasinya? Meski kita tahu banyak juga band metal Indonesia yang enggak kalah saing sama band-band pop.

    Caranya ya harus menghilangkan citra negatif aja sih. Kalau kalah saing sih kayanya memang gitu sih di berbagai negara juga.

    Sukses terus buat mas Zaldi dan pacarnya, mudah-mudahan bisa jadi yang terbaik di dunia musik Indonesia. Amin.

    Iya makasih juga yah udah ngeberitain, kebantu nambahin view loh hehehe. Iya amin makasih sekali lagi.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES