1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    25 November 2015 16:20

    Tips Agar Kakak Tidak Cemburu dengan Si Adik Bayi

    Beberapa anak memang sulit menerima adiknya yang baru lahir.

    Feed - Mendapat seorang adik memang perlu beberapa penyesuaian bagi sang kakak. Ia akan merasa tidak mendapat perhatian dari orangtuanya karena lebih sibuk untuk mengurus bayi yang baru lahir.

    Hal inilah yang harus dipahami oleh Anda sebagai orangtua, bagaimana emosi anak ketika ada sesuatu hal baru yang dirasa direbut olehnya. Untuk itu beberapa hal ini bisa anda lakukan seperti dikutip dari lifehack.org, agar kakak bisa menerima kehadiran adik.

    1. Menerima perasaan mereka

    via kristaljoyphotography.com

    Jangan pernah paksakan anak Anda untuk menyukai adiknya secara langsung. Pahamilah perasaan mereka dan beritahu jika perasaan mereka itu wajar. Sangat penting untuk memperlihatkan kesabaran dan menunjukkan keterlibatannya dalam mengurus sang adik. Dengan begitu akan membuatnya sadar kalau ia masih dianggap penting dalam keluarga.

    2. Sisihkan waktu untuk bersama

    via conversationswithmymother.com

    Untuk anak yang sulit menerima kehadiran saudaranya yang baru lahir, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah meluangkan waktu berdua. Memang sulit meluangkan waktu di kala mengurus bayi yang baru lahir, tetapi Anda bisa menitipkan bayi kepada orangtua selagi Anda pergi bersama si kakak.

    Melakukan hal sederhana seperti pergi ke taman bermain atau pergi ke restoran, bisa menunjukkan bahwa Anda masih peduli kepadanya. Ini juga menyatakan bagaimana kehadiran adik tidak akan mengubah kasih sayang kepadanya.

    3. Buat mereka merasa istimewa

    via ngoisaonet.info

    Sangat penting untuk mengajarkan peran sebagai kakak kepada anak Anda. Misalnya libatkan mereka dalam memilih pakaian untuk si adik atau membantu memberikan nama. Berilah apresiasi dengan memberi pujian atau hadiah khusus saat mereka selesai melakukan tugasnya sebagai kakak.

    4. Berikan waktu berdua untuk kakak dan adik

    via www.beccabondphotography.com

    Temukan waktu agar si kakak bisa menjaga adik, seperti sebelum tidur siang atau sebelum makan. Hal yang paling penting saat melakukan itu adalah dengan tidak adanya gangguan seperti televisi.

    5. Biarkan anak Anda membantu

    via www.huffingtonpost.co.uk

    Ketika Anda dan anak-anak pergi ke luar rumah, berikan si kakak tugas memegang botol susu atau menghibur si adik ketika sedang menganti popok. Hal ini penting karena menekankan betapa pentingnya peran si kakak sebagai "pembantu kecil" Anda dan membuat mereka merasa dihargai. (zzu)

    Baca juga:

    Menggemaskan, Ketika Kakak Bertemu Adik Bayi untuk Pertama Kalinya

    Video Kakak Buang Adik Bayi, Kasihan Tapi Lucu

    8 Kenikmatan Hidup Punya Kakak Perempuan

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES