1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    25 November 2015 13:37

    Ternyata Meminum Kopi saat Hamil Tidak Berbahaya

    Anda tidak perlu khawatir lagi meminum kopi saat hamil.

    Feed - Bagi Anda wanita hamil dan sangat menyukai kopi tidak perlu khawatir untuk berhenti meminum kopi. Hasil penelitian dalam American Journal of Epidemiology menyebutkan mengonsumsi kafein dalam jumlah wajar tidak akan mengaggu kecerdasan dan tingkah laku bayi dalam kandungan. Demikian seperti yang dilansir dari medicaldaily.com.

    Selama ini ibu hamil takut meminum kopi karena khawatir kafein dapat melintasi plasenta dan meningkatkan kadar katekolamin. Kopi juga identik dengan minuman yang bisa menghilangkan stres. Tapi sebenarnya stres itulah yang bisa menyebabkan bayi lahir prematur.

    via www.digitaljournal.com

    Penelitian yang melibatkan 2.197 ibu hamil yang tergabung dalam Collaborative Perinatal Project (CPP) pada tahun 1959 - 1974, menemukan salah satu hal yang ditakuti dari mengonsumsi kopi yaitu efek kafein. Para peneliti menemukan bahan kimia paraksanthine yang dapat meningkatkan lipolisis, sehingga kadar gliserol dan asam lemak dalam plasma darah bertambah.

    Setelah membandingkan tingkat paraksanthine pada minggu ke-20 hingga minggu ke-26 kehamilan, tidak ditemukan hubungan paraksanthine dengan pertumbuhan IQ dan tingkah laku bayi. Penelitian juga menemukan tidak ada kaitannya mengonsumsi kafein saat hamil yang menyebabkan obesitas pada anak.

    via maternityplanning.com

    Keim, seorang anggota fakultas kedokteran di The Ohio State University College menyebutkan, hasil penelitian tersebut dapat menjadi acuan agar para ibu yang sedang hamil bisa tenang meminum satu atau dua cangkir kopi sehari.

    Penelitian tahun 2012 juga menemukan kandungan kafein dalam rahim tidak menyebabkan bayi terjaga pada malam hari. Selain itu menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), mengonsumsi kafein secara tidak berlebihan dianggap aman. (zzu)

    Baca juga:

    Selain Diminum, Ini Kegunaan Luar Biasa Kopi

    Keuntungan dan Kerugian Sering Menikmati Kopi

    Melancongi Dunia Melalui 12 Gelas Kopi

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES