1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TIPS


  8. Reporter : Stella Maris    27 September 2017 11:15

    Lakukan hal ini agar tidur tak mendengkur

    Ada sekitar enam cara, yaitu...

    Feed.merdeka.com - Mendengkur alias ngorok merupakan salah satu hal yang mengganggu orang lain saat sedang tidur. Apalagi bila pasangan Anda yang mendengkur, kerap mengganggu bukan?

    Namun jangan keburu khawatir, karena ada beberapa langkah untuk mengatasi dengkuran itu. Dikutip laman washingtonpost.com, simak beberapa tips berikut ini:

    1. Bantal
    Tinggikan kepala Anda dengan bantal khusus, sehingga dapat mengangkat dagu dan menahan lidah. Tujuannya agar tak menghalangi tenggorokan saat tidur.

    2. Posisi tidur
    Tidurah dalam posisi miring. Nah agar tubuh Anda tak kembali ke posisi telentang di malam hari yang memicu dengkuran, gunakan bantal atau guling di bagian punggung, untuk menahan tubuh.

    3. Minuman
    Hindari minuman beralkohol empat jam sebelum tidur. Faktanya alkohol memang merilekskan otot saluran napas, namun menyempitkan aliran udara.

    4. Rokok
    Berhenti merokok! Asap tembakau dapat mengiritasi selaput tenggorokan.

    5. Turunkan berat badan
    Raj Dasgupta, asisten profesor kedokteran klinis dari University of Southern California di Los Angeles mengatakan, kegemukan juga menumpuk lemak di area leher. "Lemak di sekitar leher dapat menekan jalan napas bagian atas dan menghalangi udara," katanya.

    6. Latihan lidah
    Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang melakukan latihan lidah setiap hari selama tiga bulan dapat memotong frekuensi mendengkur hingga 36 persen. Caranya?

    1. Dorong ujung lidah ke langit-langit mulut dan geser lidah ke belakang.

    2. Usapkan lidah ke atap mulut dan tekan seluruh lidah ke langit-langit mulut.

    3. Pakai bagian belakang lidah ke lantai mulut sambil menjaga ujung lidah yang bersentuhan dengan gigi depan bagian bawah. (poy)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES