1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FAMILY


  8. Reporter : Juandi    13 Oktober 2015 16:29

    4 Keuntungan Masuk Sekolah Alam

    Enaknya di Indonesia, sekolah bisa langsung dari alam. Apakah keuntungan di baliknya?

    Feed - Indonesia dikaruniai alam yang sebegitu luasnya. Gunung, pantai, sawah, lanskap apa yang Anda mau, Indonesia memilikinya. Dengan berjuta manfaat yang bisa diambil darinya, tidak salah jika kemudian alam pun dijadikan "gedung" untuk sekolah. Seperti yang diterapkan di Sekolah Alam (Salam) Bogor, Jawa Barat. Dibandingkan dengan sekolah konvensional, Salam Bogor ternyata memiliki keunikan tersendiri dibandingkan sekolah lain.

    (Kegiatan Salam Bogor. Foto: Salam Bogor)

    1. Cara belajar
    Ketika anak Anda datang ke sekolah yang terlintas di benak murid adalah duduk, diam, dan dengarkan. Hal ini tidak berlaku di Sekolah Alam Bogor. Pasalnya, anak belajar lebih nyaman dengan posisi lesehan di sebuah saung. Mereka juga dibebaskan bermain dan berekspresi sebelum belajar sehingga lebih fokus karena telah puas mengeluarkan imajinasinya. Belajar jadi lebih menyenangkan.

    2. Kepemimpinan dan wirausaha
    Manajer HRD Salam Bogor Yasir Amarulloh yang ditemui awak FEED.ID, Selasa, 13 Oktober 2015, mengatakan bahwa sekolah ini memberikan nilai kepemimpinan untuk anak dengan cara metode outbond kemandirian, kemah, dan bertanggung jawab. Ia menambahkan dari sejak dini, anak diberi hak berekspresi sesuai minat mereka. Akan tetapi mereka tidak lupa akan kewajiban belajarnya. 

    (Kegiatan Salam Bogor. Foto: Salam Bogor)

    Metode lain yang menarik adalah kegiatan Busines Day, di mana anak-anak murid diajak terlibat dari kegiatan wirausaha versi mini. Dengan demikian mereka mulai mengasah kemampuan untuk berdiri sendiri secara ekonomi di masa depan nanti.

    3. Ekspedisi
    Sekolah pada umumnya mengisi agenda tahunan yang berupa study tour atau jalan-jalan, lain halnya dengan Sekolah Alam Bogor. Yasir menjelaskan bahwa dalam satu tahun ada empat ekspedisi yang harus siswa ikuti. Menariknya anak-anak Salam bogor sudah berhasil menaklukkan salah satu puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa yakni Gunung Semeru.

    (Kegiatan Salam Bogor. Foto: Salam Bogor)

    4. Bukan sistem waralaba
    Jika pada umumnya mereka yang ingin membuka sekolah harus mengikuti sistem waralaba (franchise), sekolah ini tidak demikian. Cukup dengan temui Lendo Novo, penggagas Sekolah Alam, maka Anda akan dibimbing untuk membuat Sekolah Alam tanpa biaya. Maka dari itulah sudah ada beberapa Salam yang berdiri di Indonesia dengan ciri khasnya masing-masing. Disebutkan oleh Yasir ada sekitar 200 Salam yang ada di Tanah Air. (Muhammad Juandi).

    Baca juga:

    Kesan Para Bule Saat Menjajal Makanan Khas Indonesia 

    5 Pasangan Seleb Indonesia Paling Kontroversial

    Lokasi Wisata Indonesia yang Dirusak Turis

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES