1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Stella Maris    19 November 2017 16:00

    Gejala keracunan jengkol

    Kasus keracunan jengkol menimpa seorang pria berusia 32 tahun dari sebuah desa di Kalimantan. Dia mengaku mengalami sakit kepala bilateral--dua sisi kepala-- selama 10 jam.

    Dua jam sebelum merasakan sakit kepala hebat, pria itu makan 10 jengkol. Dia mengatakan merasakan nyeri panggul, kram di area selangkangan.

    Dia juga muntah dan sulit buang air kecil. Namun saat buang air kecil, justru ada darah dalam urine tersebut (hematuria).

    Padahal selama ini, pasien tersebut dalam keadaan sehat. Nah setelah melihat riwayat medis, ternyata pasien itu pernah mengalami gejala yang sama saat remaja.

    (Baca juga: Pecinta jengkol, wajib tahu tentang djenkolism!)

    Namun ketika mengalami kondisi itu, pria itu tak meminta bantuan medis. Hanya dibiarkan dan sembuh setelah 14 hari kemudian.

    Setelah empat hari mendapat perawatan medis, hematuria pria itu sembuh. Beruntung, ginjal kanan dan kiri pria itu masih berfungsi normal.

    Pria itu diminta minum air putih sebanyak dua liter per hari dan disarankan menghindari jengkol. Nah, mulai sekarang para pencinta jengkol, sebaiknya ditakar ya makan jengkolnya!

     

    (Foto ilustrasi pedagang jengkol: Merdeka.com)

    INTRO

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES