1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. I
  6.  » 
  7. INSPIRATIF


  8. Reporter : Anisha    1 Desember 2015 09:00

    Tips Agar Belanja Bulanan Tidak Boros

    Ada beberapa hal yang perlu dihindari ketika berbelanja bulanan agar Anda tidak boros.

    Feed- Seringkali kita melakukan pemborosan saat belanja. Apalagi jika ada potongan harga, membuat kita kalap saat berbelanja. Berikut adalah beberapa penyebab mengapa Anda sering boros saat berbelanja seperti yang dilansir The Daily Meal. Simak ulasan lengkapnya.

    via: walesonline.co.uk

    1. Tidak membuat daftar belanjaan
    Jika Anda tidak membuat daftar belanjaan, Anda jadi tidak memiliki pegangan mengenai kebutuhan yang Anda perlukan. Ini akan membuat Anda sembarangan mengambil barang yang bahkan tidak Anda butuhkan di rumah.

    2. Membawa anak
    Jika membawa anak ke supermarket, Anda akan jauh lebih boros. Sebab, ketika anak-anak melihat sesuatu yang mereka inginkan, mereka akan memintanya dan tidak menyerah sampai mereka mendapatkannya. Lebih baik Anda meninggalkan anak Anda di rumah saat belanja.

    via: everydaylife.globalpost.com

    3. Berbelanja saat lapar
    Ketika kita pergi berbelanja saat perut kosong, kita lebih cenderung untuk membeli hal-hal yang tidak perlu. Berbelanja dengan perut kenyang adalah solusi penghematan yang baik.

    4. Periksa kembali barang belanjaan
    Sebelum membayar tagihan belanja di kasir, sempatkan waktu sekira satu menit untuk periksa kembali barang belanjaan Anda. Hal ini dapat memungkinkan Anda untuk mengecek dan menilai belanjaan mana yang benar-benar dibutuhkan dan yang bisa dihilangkan. Biasanya, cara ini bisa mengurangi setidaknya satu atau dua barang (yang hanya sekadar lapar mata).

    via: indianapolismonthly.com

    5. Bandingkan harga
    Terkadang harga bahan makanan di supermarket bisa berubah tanpa sepengetahuan kita sebagai pembeli. Cobalah membandingkan harganya lebih dulu sebelum membeli bahan makanan. Selain bisa meminimalisir pemborosan, hal sederhana ini juga bisa membuat Anda lebih mengetahui informasi dan perbedaan dari produk yang sama.

    6. Gunakan voucher 
    Jangan gengsi bila ingin menukarkan voucher potongan harga untuk belanja. Cara ini tentu dapat menghemat pengeluaran. Namun, perlu diingat gunakanlah voucher potongan harga sebijak mungkin dengan membeli barang-barang yang sudah Anda cantumkan di daftar belanja.

    Baca Juga:

    Tips Luna Maya Agar Tidak Tertipu Belanja di Online Shop

    Berbagai Tipe Tukang Belanja, Tipe Manakah Anda?

    Ini Pertanda Anda Kecanduan Belanja Sepatu

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES