1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TEKNOLOGI


  8. Reporter : Anisha    30 November 2015 14:55

    7 Manfaat Internet Bagi Anak

    Bila digunakan secara bijak, ada tujuh manfaat pengunaan internet bagi anak.

    Feed- Internet menjadi hal terpenting saat ini. Penggunanya tak hanya orang dewasa saja tapi juga anak-anak sudah bisa menikmati kecanggihan internet. Jika dahulu setelah pulang sekolah atau akhir pekan anak sering menonton kartun televisi, perkembangan zaman membuat anak sekarang lebih menyukai akses internet.

    Memang kita sering mendengar dampak negatif penggunaan internet untuk anak-anak. Tetapi bila digunakan secara bijak, ada tujuh manfaat pengunaan internet bagi anak seperti yang dilansir familyshare.com

    via: magazine.corporatestays.com

    1. Mendapatkan pendidikan
    Internet dapat mempermudah anak untuk mencari pelajaran secara cepat. Selain itu juga dapat membantu anak dengan keterbatasan fisik. Software berbasis cloud dapat memberikan konten secara lisan yang sangat bermanfaat bagi anak-anak tunanetra. Anak-anak dengan autisme dapat bermain game online dengan anak-anak lain dan mulai mengembangkan bersosialisasi. Internet menyediakan sumber daya tak terbatas untuk penelitian, sangat membantu bagi anak-anak di daerah pedesaan yang tidak ada perpustakaan.

    2. Tetap berhubungan
    Seorang anak yang terpisah jauh dengan orangtuanya karena harus bersekolah di beda kota bisa membuatnya kehilangan kasih sayang. Namun teknologi seperti Skype memungkinkan komunikasi tatap muka dengan orang yang dicintai serta dapat bermanfaat bagi kesehatan mental.

    via: spyrix.com

    3. Memiliki banyak teman
    Anda mungkin khawatir anak-anak berkomunikasi dengan orang asing secara online. Tetapi jika Anda mengontrol jaringan pertemanan mereka, ia akan bisa berhubungan dengan anak sebayanya di media sosial. Anak juga akan mempraktekkan hubungan interpersonal yang berkualitas.

    4. Mudah mencurahkan perasaan
    Mungkin anak-anak malu untuk menceritakan masalah kepada orangtua dan teman-teman. Namun ada beberapa situs yang menawarkan kesempatan untuk membahas masalah dengan orang lain yang memiliki problema yang sama. Tapi ingat, kontrol orangtua sangat diperlukan di sini agar ia tidak salah pilih situs internet.

    via: techraju.com

    5. Memiliki kegiatan kreatif
    Anggaran untuk kursus musik atau seni terkadang mahal. Namun, melalui internet anak Anda bisa mempelajari seni dan musik. Bahkan anak Anda dapat membuat situs sendiri atau blog untuk berbagi cerita kepada orang lain.

    6. Menemukan pekerjaan
    Anak-anak akan memiliki komunitas online dan sumber daya yang dapat membuat kemajuan pada dirinya.

    7. Membuat bahagia
    Internet dapat menjadi sumber terbesar membuat hati anak bahagia. Game online, YouTube, serta media sosial adalah hal yang menyenangkan bagi anak-anak sebagai media hiburan.

    Baca Juga:

    6 Cara Agar Anak Tidak Tertular Penyakit dari Saudara Kandungnya

    4 Trik Agar Anak Tidak Rewel di Restoran

    6 Pertanda Saatnya Anak Pisah Kasur dari Anda

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES