1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    13 Januari 2016 16:00

    Asupan Termanjur untuk Memulihkan Demam Berdarah

    Makanan ini yang perlu Anda konsumsi agar cepat pulih saat terserang penyakit DBD.

    Feed.merdeka.com - Pada pertengahan musim penghujan yaitu sekitar bulan Januari, penderita penyakit demam berdarah (DBD) di Indonesia bertambah. Hal itu disebabkan oleh kondisi iklim di Indonesia yang memiliki tingkat curah hujan yang tinggi dan membuat nyamuk mudah berkembang biak. Termasuk nyamuk Aedes aegypti -- nyamuk penyebab utama penyakit demam berdarah.

    Demam ini juga dikenal sebagai "demam tulang" karena penderita DBD akan merasakan nyeri sendi yang menyakitkan. Ada beberapa penyebab seseorang dapat terjangkit demam berdarah, misalnya karena banyak terdapat genangan air di sekitar lingkungan yang memicu nyamuk berkembang biak. Juga kondisi daya tahan tubuh yang tidak kuat untuk menahan serangan gigitan dari nyamuk Aedes.

    Jika Anda sudah terserang penyakit ini, Anda harus mengatur pola makan untuk melawan virus DBD menjalar ke seluruh tubuh. Seperti yang dilansir dari boldsky.com, berikut ini makanan yang perlu Anda konsumsi agar cepat pulih saat terserang penyakit DBD.

    1. Jeruk
    Buah berwarna orange ini merupakan buah terbaik bagi penderita DBD. Jeruk yang dijus banyak mengandung energi dan vitamin yang membantu sistem pencernaan, meningkatkan urine, dan meningkatkan anti-bodi agar pulih dengan cepat.

    2. Daun pepaya
    Dokter dan para ahli sepakat bahwa daun pepaya merupakan makanan yang sangat baik bagi pasien DBD. Anda hanya perlu memetik daun pepaya yang segar, memblendernya, dan menyaring airnya. Pasien harus mengonsumsi dua sendok makan jus ini pagi dan malam, setiap hari.

    3. Bubur
    Ketika Anda terserang penyakit DBD, bubur merupakan makanan yang dianjurkan. Tekstur bubur yang lembut akan mudah untuk ditelan dan dicerna oleh tubuh.

    4. Teh herbal
    Cara terbaik untuk pulih dari penyakit DBD yaitu mengonsumsi teh herbal. Teh yang terbuat dari jahe dan kapulaga dapat membantu mengobati demam ini.

    5. Air kelapa
    Pasien harus banyak mengonsumsi air kelapa untuk melawan virus DBD. Air kelapa dapat mengisi ulang kandungan elektrolit dan ion yang hilang dalam tubuh.

    6. Jus sayuran dan buah
    Para ahli menyatakan bahwa jus sayuran dan buah organik dapat melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan membuat penderita DBD cepat pulih. Dianjurkan untuk mengonsumsi jus wortel, mentimun, dan sayuran hijau. Serta jus buah yang mengandung vitamin C yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan penting untuk membentuk hormon adrenal.

    Buah seperti stoberi, jambu, kiwi, dan pepaya yang membantu memproduksi limfosit. Jus lemon juga dapat membantu Anda menghilangkan racun yang akan dikeluarkan bersama urine. hal tersebut akan membuat penderita DBD merasa lebih baik.

    7. Makanan kaya protein
    Makanan yang kaya akan protein seperti telur dan susu sangat baik untuk penderita DBD. Ikan dan ayam juga baik sebagai makanan yang membantu memerangi virus virus yang berkembang dalam tubuh.

    8. Sup
    Sup akan memberikan kekuatan dan membantu penderita DBD memerangi rasa sakit pada bagian tubuh seperti sendi. Sup juga membantu membangun kembali nafsu makan para penderita demam berdarah.

    Baca juga:

    Usir Nyamuk Demam Berdarah dengan Cara Ini

    Tindakan Awal untuk Redakan Demam Anak

    Periksa Bagian Ini di Rumah, Nyamuk Senang Bersarang di Situ

    Tips Membuat Minyak Pengusir Nyamuk dari Bahan Rumahan

    Ampas Kopi Ternyata Bisa Jadi Senjata Ampuh Lawan Nyamuk

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES