1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Anisha    6 April 2016 12:01

    Hai Para Mama, Ini Tips Diet Agar Anak Anda Terhindari dari Diabetes

    Anak biasanya terkena diabetes tipe 1.

    Feed.merdeka.com - Diabetes merupakan kondisi di mana kadar gula atau glukosa dalam darah meningkat. Tubuh memproduksi insulin, suatu hormon yang dikeluarkan oleh pankreas, untuk memecah gula yang dikonsumsi dalam makanan. Penurunan produksi insulin menyebabkan diabetes.

    Diabetes hanya dibagi dua tipe, namun bukan jenis diabetes kering atau basah. "Banyak orang yang menyangka bahwa diabetes memiliki dua jenis, basah dan kering. Kenyataannya diabetes hanya dibagi menjadi dua tipe saja dan berbeda penanganannya," ujar Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, pakar diabetes, saat ditemui di bilangan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

    Diabetes tipe 1, tubuh benar-benar berhenti memproduksi insulin karena perusakan sel pankreas yang memproduksi insulin kekebalan tubuh. Sedangkan diabetes tipe 2, adalah yang paling umum terjadi.

    Terhitung sekitar 90 persen dari kasus diabetes adalah tipe 2. Diabetes ini biasanya terjadi pada orang dewasa dan sering terjadi pada orang yang kelebihan berat badan. "Diabetes tipe 1 biasanya diderita sejak kanak-kanak, tidak diketahui penyebabnya dan tidak dapat dicegah," ujar Sidartawan.

    Rekomendasi diet sehat untuk menangani diabetes pada bayi dan anak-anak adalah sama dengan orang dewasa. Tetapi ada beberapa unsur tambahan yang juga penting seperti yang di bawah ini.

    1. Bayi harus disusui secara eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan.
    2. Bayi harus disusui terus menerus sampai dua tahun dan seterusnya.
    3. Dari usia enam bulan, ASI harus dilengkapi dengan berbagai nutrisi makanan pendamping yang padat. Garam dan gula tidak boleh ditambahkan ke makanan pendamping.

    Baca juga:

    Menu Diet Ini Menjamin Anda Jauh dari Diabetes

    Gejala Diabetes Pada Wanita

    8 Nama Bayi Paling Populer di Dunia

    Waspada 10 Pertanda Diabetes

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES