1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Zika    16 Oktober 2015 13:16

    Berapa Lama Idealnya Waktu Pacaran Sebelum Akhirnya Menikah?

    Lamanya waktu berpacaran tidak menjamin Anda akan naik pelaminan.

    Feed - Anda yang membaca artikel ini, izinkan kami bertanya berapa lama sudah Anda menjalin ikatan kasih alias pacaran? Sebulan? Kurang dari setahun? Atau sudah di atas tiga tahun? Anda pun harus paham bahwa lamanya ikatan kasih tidak menjamin Anda berdua bisa menuju jenjang pernikahan.

    (Baca juga: Pertanyaan Wajib Sebelum Menikah)

    Contoh kasusnya sudah banyak terjadi di sekitar Anda. Ada yang sudah berpacaran tujuh tahun tapi akhirnya kandas dan masing-masing menikah dengan orang lain. Malah ada juga yang berpacaran hanya tiga bulan namun melanggeng dengan lancar ke depan penghulu. Jadi, sebenarnya berapa waktu yang dibutuhkan untuk berpacaran sebelum akhirnya menikah?

    Jawaban dari pertanyaan itu tergantung dari hal-hal berikut:

    1. Apakah Anda sudah mengenal satu sama lain?
    Anda sudah mengenal apa yang disukai ataupun tidak. Anda tidak selalu sepakat mengenai berbagai hal tapi bisa mengatasinya dengan kompromi. Jika pun bertengkar, Anda tahu bagaimana menahan emosi yang berlebih demi mendapat solusi terbaik.

    2. Komitmen
    Anda berdua sudah secara serius membahas perkara-perkara besar dalam rumah tangga. Misalkan, berapa banyak anak yang kalian inginkan, akan tinggal di mana pasca-menikah, dan kondisi keuangan dalam satu rumah tangga.

    (Baca juga: 10 Pertanda Anda Siap Menikah)

    3. Cinta
    Jangan remehkan nilai ini karena cinta itu bersifat tulus dan berakar di hati. Anda menerima kekurangan satu sama lain dan sadar tak sanggup hidup tanpanya di masa depan.

    (Baca juga: Menurut Sains, Usia Ideal Untuk Menikah Adalah...)

    4. Apakah Anda nyaman bersamanya?
    Bersamanya, Anda bisa menjadi siapa pun yang Anda mau. Kalian bisa saling menghibur, berbagi, dan bisa menjadi sahabat terbaik. Kenyamanan bersamanya membuat Anda tidak keberatan ngobrol berjam-jam.

    (Baca juga: Beranikah Anda: Menikah Dulu, Jatuh Cinta Belakangan?)

    5. Apakah Anda percaya padanya?
    Kepercayaan umumnya tumbuh seiring waktu. Tapi jika memang sudah yakin dan berkomitmen, kepercayaan itu akan berkembang dengan pesat. Anda tidak perlu lagi kepo memeriksa ponsel dan emailnya. Anda bahkan sudah cuek dengan mantannya yang berteman dengannya di media sosial.

    Baca juga:

    5 Tanda Pria Ingin Menikahi Anda 

    Jangan Mau Menikah Dengan 7 Tipe Pria ini

    4 Kondisi di Mana Anda Bisa Menolak Lamaran Menikah

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES