1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    4 Desember 2015 10:00

    Panduan Singkat untuk Mandi yang Lebih Sehat

    Benarkah mandi dapat memperbaiki mood bahkan bisa menurunkan berat badan?

    Feed - Mandi, kegiatan ini rutin kita lakukan setiap pagi agar segar menjalani aktivitas harian. Tetapi belakakngan ini terdapat rumor bahwa mandi setiap hari tidak baik bagi kulit dan kesehatan. Apakah itu benar? Bila ragu, Anda bisa menggunakan panduan yang dikutip dari safebee.com mengenai cara mandi yang lebih sehat.

    1. Mandi kurang dari sepuluh menit

    via www.theglow.com.au

    Anda yang senang berlama-lama di kamar mandi, cobalah untuk tidak melakukannya lagi. Karena jika terlalu banyak air yang meresap ke dalam kulit dapat membuang minyak yang dapat melembapkannya. Sebaiknya Anda mandi sekitar lima sampai sepuluh menit saja.

    2. Hindari mandi dengan air hangat

    via www.waterfiltershop.co.uk

    Memang mandi dengan air hangat terdengar menyenangkan. Tetapi dengan mandi air hangat akan membuat kulit menjadi kering, kemerahan, dan gatal. Selain itu air yang terlalu panas juga dapat menurunkan tekanan darah yang dapat menyebabkan pusing dan pingsan.

    3. Pilihlah air dingin

    via abc13.com

    Mandi dengan menggunakan air dingin terbukti mengurangi depresi. Bahkan ada kemungkinan juga mandi dengan mandi air dingin bisa menurunkan berat badan. Para peneliti menemukan paparan air dingin dapat mengaktifkan pembakaran kalori agar membuat tubuh tetap hangat.

    4. Jangan mandi setiap hari

    via www.thetimes.co.uk

    Sebuah gerakan masyarakat yang menamai dirinya "gerakan mengurangi mandi", menyatakan bahwa mandi setiap hari bisa mengurangi bakteri menguntungkan macam Nitrosomonas eutropha.

    5. Jagalah kebersihan kamar mandi

    via www.houzz.com

    Virus yang menyebabkan alergi dan asma mudah berkembang dalam keadaan hangat dan lembab seperti bilik mandi atau bak. Selalu bersihkan kamar mandi sebelum dan sesudah mandi, biarkan tirai dan pintu kamar mandi terbuka agar udara bisa masuk dan menghilangkan lembap. Jangan lupa untuk menyikat lantai kamar mandi.

    Baca juga: 

    Melihat Kepribadian Anda Dari Cara Mandi

    Pemandian Air Panas Terbaik Dekat Jakarta

    Ini yang Bakal Terjadi Jika Anda Malas Mandi

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES