1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. R
  6.  » 
  7. RUMAH


  8. Reporter : Zika    4 Desember 2015 09:00

    Mana Lebih Aman Saat Tidur, Pintu Dibuka atau Ditutup?

    Ini ada hubungannya dengan keamanan kala terjadi kebakaran.

    Feed - Setengah dari kasus kematian akibat kebakaran di Amerika Serikat terjadi ketika mereka tengah tidur. Demikian data yang dirilis oleh National Fire Protection Agency seperti dilansir dari SafeBee.com. Anda pun bisa mengurangi risiko kematian akibat kebakaran dengan melakukan satu hal kecil: tutup pintu kamar sebelum tidur!

    Pintu yang tertutup akan membuat asap dan api tertahan lebih lama di dalam satu ruangan. Dengan demikian, Anda jadi punya peluang sekian detik untuk menyelamatkan diri dan keluarga dari kepungan api. Hal ini terbukti dalam sebuah tes yang dilakukan oleh UL --perusahaan keamanan independen global.

    via www.youtube.com

    Mereka membangun sebuah rumah dengan dua kamar tidur di bagian atas. Salah satu kamar pintunya dibiarkan terbuka, sedangkan kamar lainnya tertutup. Ketika api membara, kamar dengan pintu terbuka dipenuhi dengan asap hitam dan pekat. Sebaliknya, kamar dengan pintu tertutup baru terbakar setelah dua menit berselang.

    Rentang waktu ini bisa digunakan orangtua untuk menyelamatkan anak. Bila semua penghuni adalah orang dewasa, maka waktu dua menit itu bisa digunakan untuk lari menyelamatkan diri. Disarankan pula untuk memasang detektor asap di dalam dan luar ruangan. Jangan lupa pula rancang rencana menyelamatkan diri saat terjadi bencana kebakaran dan latihlah sebanyak dua kali dalam setahun.

    Baca juga:

    5 Taman Hiburan Paling Aneh di Dunia

    Pilih Pintu Ini dan Cocokan Dengan Kepribadian Anda

    Ini Foto Banjir, Tapi Beningnya Mirip Kolam Renang

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES