1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     28 Maret 2016 16:36

    Waspada, Tusuk Gigi Bisa Sebabkan Tetanus

    Menggunakan tusuk gigi ternyata berbahaya untuk organ mulut dan gigi.

    Feed.merdeka.com - Sudah menjadi kebiasaan sebagian orang untuk menggunakan tusuk gigi guna membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi. Namun, sebenarnya menggunakan tusuk gigi akan menyebabkan tetanus pada gigi Anda.

    Dr. Mangatas Manalu, Sp. PD., dokter ahli penyakit dalam, menjelaskan bahwa tusuk gigi menyebabkan gesekan yang membuat gigi yang telah rusak infeksi dan bernanah. Kerusakan ini bahkan dapat masuk ke dalam pembuluh darah sehingga mengakibatkan tetanus pada organ mulut.

    "Gigi yang berlubang seharusnya diperbaiki bukan mengandalkan tusuk gigi untuk membersihkan sisa makanaan. Rahang gigi tidak bisa tertutup apabila infeksi mulut," ungkap dr. Mangatas saat ditemui di bilangan Sudirman, Jakarta Selatan.

    Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent. MDSc, Head of Profesional Relationship Oral Care PT Unilever Indonesia Tbk, menambahkan, membersihkan gigi dari sisa makanan sebaiknya menggunakan bahan yang lunak. Contohnya seperti benang gigi atau yang lebih dikenal dengan dental floss.

     

    "Tusuk gigi ialah benda yang keras tidak baik digunakan untuk gigi yang di dalamnya memiliki jaringan yang lunak. Sebaiknya menggunakan benang gigi untuk membersikan makanan yang terselip pada gigi, atau yang paling mudah menggunakan sikat gigi," tambah Drg. Ratu.

    Drg. Mirah pun menjelaskan apabila sisa makanan sudah tertinggal di gigi, itu menandakan sudah banyak bakteri yang bersarang pada gigi. Disarankan untuk sebaiknya seera memeriksakannya pada dokter gigi.

    "Kelainan gigi seperti lubang pada gigi terjadi secara perlahan untuk itu penanda paling mudah gigi bermasalah adanya makanan terselip pada gigi," ujarnya lagi.

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES