1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     27 November 2017 15:00

    Perut sakit setelah makan? Jangan-jangan Anda menderita...

    Ada beberapa gangguan pencernaan yang mungkin terjadi.

    Feed.merdeka.com - Kadang-kadang, kita merasa sakit perut dan kembung setelah makan siang atau malam. Apa sih penyebabnya?

    Salah satu alasan umumnya adalah Dispepsia alias gangguan pencernaan. Dispepsia ini bisa menyebabkan sakit perut, kembung, dan perasaan kekenyangan setelah makan, demikian dikutip dari laman Boldsky, 24 November 2017.

    Namun, ada juga sakit perut yang harus Anda waspadai--di luar gangguan pencernaan biasa. Berikut beberapa diantaranya:

    1. Asam lambung

    Penyakit ini memiliki nama lain yakni gastroesophageal reflux disease (GERD). Kondisi ini bisa terjadi ketika asam lambung naik dan mengiritasi kerongkongan.

    Penderita biasanya merasakan sakit di perut, khususnya di ulu hati. Namun, ada juga yang merasa sakit di bagian lain, seperti sakit di dada, suara serak di pagi hari, atau kesulitan menelan.

    Anda yang menderita GERD biasanya doyan makanan terlalu pedas. Makanan pedas memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan.

    Jika Anda merasakan gejala-gejala di atas, segeralah temui dokter. Stop juga mengonsumsi makanan pedas, kafein, dan alkohol

    2. IBS
    IBS merupakan kepanjangan dari irritable bowel syndrome. Ini merupakan salah satu jenis gangguan pada sistem pencernaan yang menyebabkan sakit perut, kembung, kostipasi atau diare. IBS tergolong gangguan kronis dan menyerang usus besar.

    FOTO-FOTO: Pixabay

    NEXT: Celiac dan tukak lambung

    Celiac dan tukak lambung

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES