1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Zika    17 Februari 2015 10:30

    Metode Pengobatan "Gila" Masa Lampau

    Salah satunya adalah memberi sirup penenang yang mengandung morfin pada anak.

    Feed - Beruntunglah kita yang hidup di masa modern saat ini. Metode pengobatan sudah sedemikian maju dan mengedepankan kenyamanan pasien. Hal ini tidak dirasakan mereka yang hidup di masa lampau karena merasakan beberapa metode pengobatan "gila" seperti dilansir Man Certified. Lima di antaranya adalah:

    via http://www.mancertified.com/

    1. Suntikan tembakau ke anus
    Saat baru dikenal Benua Eropa, tembakau menjadi ternama karena dianggap bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Metodenya dengan cara disuntikan lewat anus dan dipercaya dapat mengobati sakit perut, hernia, bahkan menyelamatkan orang yang nyaris tenggelam. Namun metode ini menghilang setelah muncul kesadaran bahaya tembakau.

    via http://www.mancertified.com/

    2. Sirup penenang untuk anak
    Pada abad ke-19 adalah hal wajar untuk memberi sirup penenang pada anak. "Sirup" yang dimaksud bukanlah minuman segar dengan rasa buah, melainkan minuman yang mengandung morfin, heroin, dan opium.

    via http://www.mancertified.com/

    3. Melubangi kepala
    Memberi lubang pada kepala (trepanasi) dianggap dapat mengobati berbagai macam penyakit. Metode ini pun dikabarkan masih digunakan hingga sekarang.

    via http://www.mancertified.com/

    4. Penggunaan merkuri berlebih
    Merkuri hingga sekarang masih digunakan di dalam termometer. Namun di masa lampau, penggunaannya sangatlah berlebihan untuk mengobati luka menganga di tubuh. Saat itu mereka belum menyadari bahaya merkuri yang beracun dan dapat menimbulkan kerusakan saraf. Baca bahaya lengkapnya di Tautan Ini.

    via http://www.mancertified.com/

    5. Sirup obat batuk heroin
    Heroin sebagai obat batuk digunakan di abad ke-19. Ia masuk dalam obat yang direkomendasikan karena dianggap ampuh mengatasi batuk yang membandel. Tapi saat ini metode itu sudah pupus mengingat dampak heroin yang menyebabkan ketergantungan dan berbahaya bagi tubuh.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES