1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Indra    11 Desember 2014 09:45

    Mengenal Tempat Terkering di Bumi

    Dari lembah kering tak bersalju hingga gunung terbesar jadi pemandangan luar biasa di tempat ini.

    Feed - Dingin dan sepi dari kehidupan manusia. Begitu benua Antartika memperkenalkan wilayahnya. Benua ini jadi benua terluas kelima setelah Eurasia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Antartika dianggap punya 90 percadangan cadangan es dunia. Kawasan ini jadi perhatian setelah muncul isu pemanasan global.

    Bila Antartika mencair, maka bumi tenggelam dalam sekejap. Seluruh permukaan air laut bakal naik sampai 5,2 cm. Setelah benua ini ditemukan pada tahun 1974, Antartika menyimpan banyak fakta menarik.

    Dari lembah kering tak bersalju hingga gunung terbesar jadi pemandangan luar biasa di tempat ini. Berikut fakta-fakta Antartirka:

    1. Terdingin dan Terkering di Bumi

    Tempat terkering di Antartika via smart-pustaka

    Sebagian besar wilayah benua ini tidak pernah mendapat hujan selama 2 tahun. Dua persen dari wilayah antartika yang dikenal sebagai lembah-lembah kering, tidak memiliki es dan salju. Juga tak pernah dituruni hujan sama sekali.

    Meski tak pernah turun hujan, wilayah ini tetap jadi tempat paling dingin. Suhu paling dingin yg pernah tercatat di bumi -89 Celcius di Antartika pada tahun 1983. Baca selengkapnya di sini.

    2. Meteorit 

    Meteorit via kaskus.co.id

    Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menemukan sebuah meteorit seberat 30 pound yang ditemukan di Yamato Glacier di Antartika.

    Meteorit ini berusia 1,3 miliar tahun yang dipercaya telah mendarat di Antartika 500.000 tahun lalu dan baru ditemukan tahun 2000. Baca selengkapnya di sini.

    3. Benua tanpa zona waktu

    Zona Waktu Antartika via desrianharleni.blogspot.com

    Antartika membagi tahun menjadi hari-hari yang sepenuhnya terang atau gelap. Komunitas ilmuwan di Antartika cenderung untuk menjaga baik waktu yang berkaitan dengan tanah rumah mereka atau jalur suplai yang membawa makanan dan barang-barang penting lainnya. Baca selengkapnya di sini.

    4. Lembah terkering tanpa salju 

    Dry Valley via funiezt-yhez.blogspot.com

    Gambar diatas merupakan lembah misterius yang berada di antartika. Belum ada yang bisa menjelaskan fenomena ini. Ketika semua wilayah Antartika ditutupi salju, lembah ini justru kering dari salju. Baca selengkapnya di sini. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES