1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. I
  6.  » 
  7. INSPIRATIF


  8. Reporter : Wens    9 Februari 2015 10:18

    <em>Bikers</em>, Ini Tips Bermotor Kala Hujan

    Hujan membuat <em>bikers</em> mengalami beberapa risiko, lihat cara untuk menghindarinya.

    Feed - Sepeda motor menjadi alternatif kendaraan untuk menembus kemacetan Ibu Kota Jakarta. Namun, kala hujan melanda, pengendara
    motor mengalami dilema karena pasti akan mengalami lebih banyak risiko. Untuk menghindarinya lihat beberapa saran berikut via www.otoasia.com Tips Berkendara Saat Musim Hujan

    1. Beli perlengkapan yang tepat
    Saat ini sudah banyak tersedia sarung tangan dan sepatu anti air di pasaran. Tidak masalah sedikit merogoh kocek lebih dalam untuk membeli perlengkapan tersebut.

    via www.otoasia.com

    2. Jalan perlahan
    Saat hujan, material debu, dan kotoran akan bercampur dengan air, sehingga menyebabkan jalan semakin licin. Pada kondisi ini, ban dan rem sulit mendapatkan cengekraman. Cara terbaik adalah memperlambat laju kendaraan Anda.

    3. Hindari permukaan licin
    Galian jalan seringkali ditutup sementara menggunakan lempengan baja. Tak seperti aspal, ban tidak dapat mencengkram permukaan ini. Permukaan licin lainnya adalah marka yang berada di jalan.

    via indonesiaautoblogs.com

    4. Berkendara di belakang salah satu ban mobil
    Jika Anda berkendara di belakang mobil, pastikan mengambil jarak cukup jauh dan berada di posisi salah satu ban. Pasalnya, saat mobil di depan mengerem mendadak, akan ada cukup ruang bagi Anda untuk bermanuver, sehingga risiko tabrakan dapat diminimalisir.

    5. Hindari multitasking
    Saat hujan, Anda perlu berkendara ekstra hati-hati. Melakukan aksi secara bersamaan seperti mengerem saat belok, berisiko ban jadi selip. Ada baiknya lakukan tindakan secara berurutan. Sebagai contoh, gantilah gigi sebelum membelok, berakselerasi setelah membelok, atau mengerem sebelum membelok.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES