1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    13 November 2015 18:06

    9 Benda Wajib di Dalam Kotak P3K, Orangtua Mesti Baca

    Kesembilannya akan membantu Anda menangani darurat kecil yang terjadi di rumah.

    Feed - Namanya punya anak, ada saja kondisi darurat kecil yang terjadi di rumah. Seperti jatuh dari tangga, terpeleset, atau jatuh dari tempat tidur. Sesuai dengan data Riset Kementerian Kesehatan tahun 2013, sebanyak 36,5 persen kecelakan kecil terjadi di rumah sedangkan 5,4 persen lainnya terjadi di sekolah.

    Seiring dengan perkembangan usia, maka berkembang pula risiko kecelakaan kecil yang lebih fatal. Oleh karena itu, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) harus selalu siap sedia di rumah Anda. Ketersediaannya dibutuhkan untuk penanganan lebih awal agar cedera tidak bertambah parah.

    "Penting bagi orangtua serta berbagai pihak yang berasa dekat dengan anak untuk memahami upaya pertolongan pertama untuk anak. Harus tersedia kotak P3K di rumah dan mengerti isi dan kegunaan dari kotak P3K tersebut," ungkap Bayu Isnawan, Marketing Hansaplast Indonesia, saat dijumpai di bilangan TB. Simatupang, Jakarta Selatan, Jumat, 13 November 2015.

    via brantarts.ca

    Tapi tahukah Anda peralatan-peralatan standar apa saja yang harus tersedia di dalam kotak P3K? Periksa kembali kotak P3K dan lengkapilah dengan benda-benda berikut agar Anda siap menangani cedera atau luka yang bisa datang kapan saja terjadi pada keluarga.

    "Terdapat sembilan item peralatan yang wajib ada di dalam kotak P3K," jelas dr. Dita Elvina, Koordinator Instalansi Gawat Darurat Brawijaya Children and Women Hospital. "Simpan kontak P3K yang tidak mudah dijangkau anak-anak tapi mudah dicari oleh semua orang," katanya lagi. Menurut dr.Dita kesembilan benda itu antara lain:

    via www.firstaidsuppliesplus.com

    1. Alat pelindung yang terdiri dari sarung tangan dan masker
    Fungsi utama dari sarung tangan serta masker adalah agar bakteri luar tidak masuk ke luka korban yang pada akhirnya dapat menyebabkan infeksi. Siapkan minimal sepasang sarung tangan dan masker di dalam kotak P3K.

    2. Alkohol, krim anti-biotik, cairan anti-septik
    Larutan anti-septik ringan seperti hidrogen peroksida akan sangat membantu dalam membersihkan dan mensterilkan luka agar tidak terjadi infeksi. Jika hidrogen peroksida tidak ada, gunakan saja larutan iodine povidon untuk membersihkan luka. Lebih baik lagi, siapkan juga alkohol untuk mensterilkan area di sekitar luka (bukan pada luka).

    Salep antibiotik seperti Neosporin dan Polysporin sangat membantu untuk mencegah infeksi pada luka atau lecet. Sekaligus mempercepat penyembuhan dan mengurangi risiko terjadinya jaringan parut.

    3. Kain kasa
    Kain kasa berguna untuk luka yang terpapar

    4. Perban ukuran lima hingga sepuluh sentimeter serta plester
    Tidak semua kecelakaan menyebabkan luka atau goresan, keseleo juga mudah terjadi. Perban elastis dapat digunakan untuk menstabilkan pergelangan tangan, siku, pergelangan kaki, atau cedera lutut. Pelajari fungsi dan cara menggunakan perban elastis.

    via www.emergencycafe.com

    5. Obat pereda sakit
    Luka dan keseleo sering kali menyebabkan rasa sakit. Parasetamol, ibuprofen, dan aspirin, adalah jenis obat-obatan yang dapat meringankan rasa sakit atau nyeri. Gunakan obat-obatan ini seperlunya saja dan dengan dosis yang tepat. Aspirin tidak boleh diberikan pada anak-anak. Parasetamol atau ibuprofen boleh diberikan pada anak, namun lebih disarankan parasetamol.

    6. Obat anti-biotik untuk mengatasi infeksi lanjutan

    7. Pinset, kapas, serta gunting
    Saat menangani luka atau cedera, gunting dengan ujung bulat (tumpul) lebih aman digunakan ketimbang gunting dengan ujung tajam. Gunakan gunting untuk memotong plester, kassa, atau memotong pakaian korban jika diperlukan. Pinset dapat digunakan untuk penanganan yang lebih rumit dan rinci, seperti mencabut sengatan serangga, mengangkat kotoran atau serpihan-serpihan benda dari luka. Siapkan juga cotton bud untuk keperluan-keperluan tertentu.

    8. Buku pedoman P3K
    Benda yang ada di dalam kotak P3K tidak akan banyak membantu jika Anda tidak tahu fungsi dan cara menggunakannya. Ditambah lagi jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang cedera. Sebaiknya siapkan satu buku panduan P3K yang berisi tentang jenis dan ciri cedera dan tata cara penanganannya. Letakkan buku tersebut di dalam kotak.

    9. Catatan untuk mengetahui peralatan apa saja yang sudah terpakai dan yang perlu diganti. (Anisha Saktian.P)

    Baca juga:

    6 Pertanda Saatnya Anak Pisah Kasur dari Anda

    Anak yang Dibesarkan dengan Baik Akan Bertindak Seperti Ini

    6 Tips Memilih Pengasuh Anak

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES