1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. I
  6.  » 
  7. INSPIRATIF


  8. Reporter : Anisha    22 Desember 2015 10:30

    Tips Agar Terjalin Ikatan Kuat dengan Anak di Tahun Pertamanya

    Panduan ini dibagi oleh seleb cantik Mona Ratuliu.

    Feed- Menjadi seorang orangtua memiliki peran penting dalam perkembangan sang anak, terutama ibu. Sebab, penting bagi ibu untuk merancang pola asuh didik yang terbaik bagi anak-anak bahkan di mulai dari sang anak masih di kandungan.

    Bagaimana cara mempersiapkan pola asuh didik sejak anak masih di kandungan? Seperti yang diungkapan Mona Ratulia dalam bukunya Parenthink yang baru saja diluncurkan.

    "Menjadi ibu memang harus memberikan yang terbaik untuk anaknya bahkan dimulai dari sang anak masih di dalam kandungan. Dalam buku ini saya menceritakan bagaimana mempersiapkan pola asuh didik yang baik sesuai pengalaman saya mendidik anak saya," ungkap Mona saat ditemui dalam peluncuran bukunya di bilangan Senayan, Jakarta Pusat.

    1. Bergaul lahir batin dengan anak
    Bergaul lahir batin dengan anak sudah bisa kita lakukan sejak anak di dalam kandungan hingga dia dewasa, yaitu mempererat bonding antara orangtua dengan anak asalkan dilakukan dengan sepenuh hati. Seperti ketika anak dalam kandungan, bacakan cerita, diajak ngobrol sambil mengelus perut, serta ayah atau kakak mencium perut ibu.

    (Mona Ratuliu dan keluarga via Instagram)

     

    Dan, ketika anak lahir hingga usia balita, membaca doa bersama, bermain dan tertawa bersama, dan menjadi pendengar yang baik. Bahkan setelah anak memasuki usia remaja, melakukan tugas rumah tangga bersama, pergi bareng, dan mendengarkan curhatanya.

    2. Membangun rutinitas
    Sejak bayi, kita sudah bisa membuatkan anak jadwal harian. Seperti membuat tabel jadwal harian anak kita, dimulai dari bangun hingga tidur malam.

    3. Emosi vs strategi
    Walaupun masih muda, anak-anak sudah cukup pintar untuk melancrkan strategi demi mendapat apa yang mereka inginkan. Kita sebagai orantua harus cerdik membedakan arti tangisan mereka. Apakah mereka menangis dari hati terdalam (emosi), atau memang akal-akalan agar mendapatkan apa yang mereka inginkan?

    (Mona Ratuliu dan keluarga via Instagram)

     

    Rasa frustasi saat mengasuh anak pertamanyanya, menyadarkan Mona bahwa menjadi orangtua harus kaya ilmu. "Saya pun belajar dari berbagai sumber untuk menjadi orangtua yang cerdas," tambah istri dari Indra Brasco itu. (Anisha Saktian.P)

    Baca juga:

    Intip Isi Menu Sarapan Keluarga Mona Ratuliu

    Tips Membersihkan Kulkas dalam Waktu 10 Menit

    Tips Memutihkan Kulit dari Salah Satu Wanita Perkasa Indonesia

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES