1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     21 November 2017 07:02

    Saat akan gosok gigi, sikat dan odol dibasahi dulu atau tidak ya?

    Jangan-jangan Anda salah kaprah selama ini...

    Feed.merdeka.com - Sikat gigi sudah menjadi ritual orang saat pagi dan malam hari. Tapi, ada pertanyaan yang kerap menjadi perdebatan.

    Saat akan sikat gigi, kita perlu atau tidak membasahi odol dan sikatnya? Hal ini akan sangat berpengaruh memang pada busa.

    Jika dibasahi lebih dulu, busa yang dihasilkan dari menggosok gigi akan melimpah. Sebaliknya, jika tidak odol dibasahi dan langsung dipakai ke gigi, busanya tidak terlalu melimpah.

    Presiden Ontario Dental Association, Lynn Tomkins menjawab kegalauan ini. Menurut dia, seperti dikutip dari laman Thestar.com, ternyata Anda tidak perlu membasahi odol dan sikat gigi saat akan dipakai.

    "Anda tidak perlu membasahinya kecuali jika bulu sikat gigi Anda keras sehingga butuh busa odol agar lebih lembut ke gusi dan gigi," jelas Tomkins.

    Namun, dia menyarankan, kalau bulu sikat terlalu keras, Anda harus menggantinya ke sikat dengan bulu yang lebih lembut.

    Selain itu, dia juga mengungkapkan bagaimana cara mengoptimalkan fluoride pada gigi Anda. "Saya sih sarankan, jangan berkumur setelah menyikat gigi, terutama malam hari," kata dia.

    Bersihkan saja secukupnya di sekitar mulut. Menurutnya, dengan cara itu, Anda akan meninggalkan lapisan fluoride sepanjang malam. Namun, hal itu tergantung pada kebiasaan.

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES