1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TNI


  8. Reporter :     20 November 2017 13:00

    Mengintip ransum tentara di dunia, punya Indonesia paling enak

    Ada yang bentuknya lebih cocok disebut makanan di rumah sakit, hmm...

    Feed.merdeka.com - Dalam kondisi apapun, seorang tentara harus sigap, bahkan harus mampu terjaga selama 24 jam. Namun, bagaimana jika lapar datang menyerang di saat bertugas?

    Nah, soal makanan, para tentara mempunyai cara yang berbeda. Mereka memiliki yang namanya ransum

    Bicara masalah ransum, satu negara dengan yang lain punya menu yang berbeda. Semua disesuaikan dengan kondisi wilayah dan kultur yang ada.
    Misalnya di Indonesia, tidak mungkin kalau para tentara diberi ransum roti gandum. Karena bagi orang Indonesia, belum makan namanya kalau tak ketemu nasi.

    Berikut beberapa makanan wajib para tentara dari beberapa negara. Lebih enak mana ya, makanan tentara Indonesia atau negara lain?

    1. Ransum Perancis, berasa seperti di restoran

    Makanan wajib bagi para tentara di negeri ini bak menu di sebuah restoran ternama. Pasalnya ransum milik Perancis tersedia dengan berbagai rasa. Ada kurang lebih 14 menu, tujuh mengandung daging babi dan tujuh lagi merupakan menu halal. Ransum Perancis diberi nama Ration de Combat Individuelle Rechauffable (RCIR), alias ransum tempur individu yang dapat dipanaskan.

    Dalam makanannya terdapat pasta tuna, salmon, hati ayam, ikan makarel, duck mousse, daging rusa, daging kelinci dan menu-menu mewah lainnya. Sedangkan untuk minuman, para tentara bisa mendapatkan kopi, teh bahkan wine dalam ransum tersebut. Kalau ransumnya seperti ini sih bisa dibilang makanan buat kelas atas.

    2. China, makanan versi ngirit

    ransum china
    © 2017 jiwapatriot.com/jiwapatriot.com

    Kalau ransum dari negeri yang satu ini memang tidak terlalu menarik. Isinya hanya nasi goreng dengan daging babi ditambah satu bungkus saus tomat dan beberapa buah. Bisa dianggap menu milik China ini sangat irit. Mungkin ransum sederhana bertujuan untuk memotong biaya pengeluaran agar tidak terlalu banyak. Namun hasilnya ya sepertinya nafsu makan dari para tentara yang berkurang. Tidak dibayangkan kalau militer China latihan bersama dengan negara lain, bisa iri dibuatnya lihat menu-menu personel lain.

    3. Ransum Rusia, makanan buat orang sakit

    Kalau di Indonesia, ransum milik Rusia ini hanya diperuntukkan buat orang sakit. Ransum ini hanya berisi sereal gandum dan jagung. Selain itu sosis roti dan mentega juga ditambahkan sebagai tambahan gizi. Untuk minumnya, kadang digunakan teh, susu atau air putih biasa. Kalau tentara lain ditawari untuk makan ransum dari Rusia ini, jelas tidak ada yang mau. Apalagi kalau ditawarkan pada tentara Perancis. Tak hanya itu, militer Rusia juga memiliki menu ransum yang terdiri dari campuran daging, nasi dan beberapa bumbu lainnya. Yang ini juga tak kalah bikin eneg.

     

     

    Ransum Indonesia rasa dan bentuknya ada di halaman selanjutnya nih >>>

    Ransum khas masakan nusantara milik Indonesia

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES