1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Anisha    11 Februari 2016 11:30

    Posisi Tidur Anda Ternyata Menentukan Kesehatan

    Posisi tidur terbaik yang akan berpengaruh pada punggung, perut, atau bagian samping tubuh Anda.

    Feed.merdeka.com - Banyak yang tidak menyadari bahwa posisi tidur sebenarnya dapat menentukan kesehatan. Sebab, salah satu aspek yang paling penting dari posisi tidur adalah menjaga integritas tulang belakang Anda.

    Sumsum tulang belakang terhubung langsung pada setiap organ utama dalam tubuh manusia seperti otak. Untuk itu berikut posisi tidur terbaik yang akan berpengaruh pada punggung, perut, atau bagian samping tubuh Anda.

    1. Tidur terlentang
    Banyak ahli akan memberitahu bahwa tidur terlentang adalah posisi yang ideal. Ada beberapa alasan posisi ini baik untuk kesehatan. Pertama, tulang belakang bisa berada di posisi terbaik. Anda juga akan terhindar dari masalah pencernaan. Posisi tidur seperti ini pun membuat kulit wajah dapat bernafas agar wajah Anda terhindar dari jerawat serta bebas kerutan.

    Kelemahan dari tidur terlentang adalah Anda sering mendengkur. Hal ini karena gravitasi memaksa dasar lidah jatuh ke dalam saluran napas yang dapat menghalangi pernapasan normal. Kelemahan lainnya seperti sakit tenggorokan untuk menutup saat tidur.

    Jika seseorang memiliki terlalu banyak lemak tubuh, pengumpulan lemak di dalam dan sekitar tenggorokan dapat memotong pasokan udara normal. Kehilangan lemak tubuh berlebih dan memanfaatkan posisi tidur yang berbeda dapat membantu untuk memperbaiki hal ini.

    2. Tidur seperti bayi
    Tidur dengan perut di bawah identik dengan tidur seperti bayi. Namun, tidur dengan posisi ini masih banyak diperdebatkan. Spesialis perkembangan anak, dr. Václav Vojta, menyatakan bahwa berbaring dengan perut di bawah seperti bayi sebenarnya penting untuk perkembangan tubuh.

    Melalui 50 tahun penelitian, dr. Vojta mengidentifikasi bahwa ada titik-titik tekanan tertentu pada tubuh kita yang "mengaktifkan" program sistem saraf ketika kita masih bayi. Titik-titik tekanan ini terlibat ketika anak berbaring dengan perut dan melakukan gerakan-gerakan halus saat tidur. Hal positif lainnya dari posisi ini adalah dapat membantu mencegah dengkuran ringan dan beberapa gejala sleep apnea.

    Banyak orang hanya merasa lebih nyaman dan damai berbaring seperti bayi. Namun, berbaring menghadap ke bawah dengan kaki lurus, lengan kanan terhimpit, dan menyamping dapat menggangu sistem punggung.

    3. Tidur menghadap samping
    Kebanyakan orang melaporkan bahwa mereka lebih suka tidur menyamping. Posisi tidur ini memang baik untuk kesehatan karena dapat melindungi otak.

    Tidur menghadap samping juga bisa menjadi solusi mencegah tidur mendengkur dan dapat membantu meningkatkan pernapasan. Malah, bila Anda tidur menghadap sisi kiri akan bisa meringankan asam lambung.

    Namun, tidur dengan menindih lengan dapat menghambat aliran darah dan fungsi saraf. Sehingga bila Anda salah tidur dengan posisi ini, ada kemungkinan Anda mengalami ketidaknyamanan saat bangun.

    Untuk itu, pastikan bahwa kepala tidak disangga terlalu tinggi di bantal. Pertahankan posisi lurus alami tulang belakang dengan bantal yang mendukung leher dan jangan mengangkat kepala terlalu tinggi.

    Baca juga:

    Posisi Tidur Sesuai dengan Sakit yang Anda Alami

    Ternyata, Posisi Tidur Menentukan Jenis Mimpi

    Pilihan Bantal yang Tepat Berdasarkan Posisi Tidur

    Sifat Hubungan Dilihat dari Posisi Tidur

    Melihat Kepribadian Seseorang Dari Posisi Tidur

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES