1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Zika    8 Desember 2015 15:00

    Posisi Tidur Sesuai dengan Sakit yang Anda Alami

    Tiap sakit memiliki trik tersendiri saat tidur agar tetap merasa nyaman.

     

    Feed - Tiga badan kesehatan di Amerika Serikat: Mayo Clinic, American Pregnancy Association, dan Better Sleep Council, menyarankan posisi tidur tertentu agar bisa mengurangi sakit yang tengah Anda alami. Saran ini diperkuat oleh Mary Ann Wilmarth, seorang terapis fisik yang mengemukakan posisi terbaik agar Anda bangun dalam kondisi segar.

    Sakit punggung atau pinggul
    Posisi terbaik untuk sakit punggung atau pinggul adalah posisi miring, demikian disampaikan National Sleep Council. Saran lain adalah menarik kaki ke arah dada dan tempatkan sebuah bantal di antara kaki. Selain itu posisi tidur yang baik untuk sakit punggung adalah dengan tidur terlentang karena tulang punggung akan berada dalam posisi natural dan sejajar sepanjang malam.

    Asam lambung
    Bila Anda menderita asam lambung, disarankan tidur dengan posisi miring ke kanan. Demikian saran yang tertuang dalam jurnal kesehatan, Gastroenterology and Hepatology. Tapi jika Anda tidak nyaman dengan posisi ini, berbaringlah terlentang dengan kepala yang disangga bantal. Kepala yang diangkat sedikit lebih tinggi dari tubuh bisa menurunkan kadar asam lambung.

    via www.shoreosteopaths.co.nz

    Sakit leher/bahu
    Sakit yang terjadi di leher/bahu akan terasa ringan jika Anda tidur dengan posisi terlentang dan bagian bahu/leher disangga dengan bantal kecil atau handuk. Tapi ingat, cukup gunakan satu bantal saja. Dikatakan Wilmarth bahwa lebih dari satu bantal bisa menyebabkan retakan yang lebih besar di leher.

    Mendengkur
    Mayo Clinic memberi saran bagi Anda yang suka mendengkur agar tidur dengan posisi menyamping. Bila Anda gagal melakukan ini dan terus berguling untuk tidur terlentang, cobalah masukkan bola kecil ke bagian belakang baju. Dengan demikian, ketika Anda mulai berguling, Anda akan merasa terganjal dan mulai kembali ke posisi menyamping.

    via www.mommygaga.com

    Hamil
    Hamil bukan termasuk kondisi "sakit" tapi tetap membutuhkan posisi tidur tertentu karena tubuh wanita mulai tidak nyaman untuk tidur secara normal. Disarankan oleh para pakar agar ibu hamil tidur dengan posisi menyamping ke kiri. Ini akan memperlancar peredaran darah dan nutrisi pada bayi dalam kandungan. Selain itu, tidur menyamping ke kiri akan baik untuk kesehatan ginjal dan membuang racun dari tubuh.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES