1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Anisha    7 April 2016 13:28

    Cara Mudah Menyimpan Roti Agar Tidak Cepat Basi

    Roti yang ada di dalam freezer akan bertahan hingga dua minggu.

    Feed.merdeka.com - Sifat roti biasanya tidak dapat bertahan lama, mudah mengeras serta berjamur. Untuk itu, Anda harus mengetahui cara yang tepat menyimpan roti agar tidak mudah basi.

    Herman Achamd, Senior Bakery Consultan, memaparkan bagaimana menyimpan roti yang benar agar roti tidak mudah berjamur dan tetap sehat. "Roti bisa Anda masukan ke dalam freezer dengan suhu 18 - 25 derajat Celcius di bawah nol. Bungkus roti dengan kertas paper bag atau alumunium foil," ujar Herman saat ditemui di bilangan Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

    Dr. Eva Kurniawati. M. Gizi, SpGK, pun menambahkan, suhu dingin pada freezer membuat jamur pada roti tidak akan tumbuh. Hal ini yang membuat roti terbebas dari jamur. "Roti yang ada di dalam freezer akan bertahan hingga dua minggu. Ambilah roti bila diperlukan. Jangan lupa mencatat tanggal penyimpanannya untuk menghindari kaduluarsa," ujar Eva.

    Roti dengan sedikit mentega atau margarine, seperti roti tawar, memiliki kandungan lemak lebih sedikit. Ia dapat bertahan selama enam bulan dalam freezer dengan suhu 25 derajat Celcius di bawah nol.

    Anda pun dapat hanya menyimpannya roti di dalam lemari es khususnya untuk roti tawar. Bungkus roti menggunakan alumuniun foil atau paper bag sebelum dimasukan ke dalam lemari es. Jika roti ingin dikonsumsi, jangan lupa memercikkan sedikit air kemudian panggang dalam oven dengan suhu 180 - 200 derajat Celcius.

    Anda harus lebih ektra memerhatikan roti dengan isi daging, ayam, ikan serta sayur. Sebab mereka cepat basi dibanding roti dengan selai cokelat dan keju.

    Baca juga:

    Rinni 'Idol', Semakin Seksi, "Berani" & Terlihat....

    Ini Ciri Roti yang Sudah Tidak Layak Makan

    Panduan Cara Tepat Memijat Wajah dan Dada Bayi

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES