1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Anisha    7 April 2016 09:31

    Ayo Lawan Diabetes dengan Trik Berikut

    Diabetes sangat amat bisa dicegah, asalkan Anda tahu caranya.

    Feed.merdeka.com - Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2014, satu dari sepuluh penduduk usia 18 tahun ke atas menderita diabetes. Ini berarti sepuluh persen penduduk dunia tidak saja harus bergantung pada obat setiap hari, tetapi juga telah mengalami atau berisiko terhadap komplikasi yang disebabkan diabetes.

    Gangguan tersebut seperti masalah penglihatan, katarak, gagal ginjal, impotensi, penyakit jantung, gangguan pembuluh darah, infeksi paru-paru, bahkan amputasi tubuh karena pembusukan luka yang tak kunjung sembuh. Sebelum semua ini terjadi, penyakit diabets dapat dicegah.

    "Walaupun diabetes merupakan masalah yang berat, penyakit ini dapat dicegah dan diobati," ujar Dr. Poonam Khetrapal Singh, Direktur Regional WHO untuk Asia Tenggara. Dirjen Pencegah dan Pengendalian Penyakit Dalam Dr. H. M. Subuh, MPPM, pun menambahkan gaya hidup yang sehat merupakan hal terpenting pencegahan diabetes.

    "Lawan diabetes, konsumsi makanan sehat dan gizi yang seimbang, melakukan aktivitas fisik, periksa kesehatan secara teratur," ujar dr. Subuh, MPPM, saat ditemui dalam acara 'Cegah Obati, Lawan Diabetes Hari Kesehatan Sedunia 2016', di bilangan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

    Konsumsi buah sayur minimal lima porsi per hari. Sedapat mungkin menekan konsumsi gula hingga maksimal empat sendok atau 50 gram per hari. Selain itu hindari makan atau minum yang manis dan berkarbonasi. Berolahragalah secara teratur seperti berjalan kaki, membersihkan rumah, upayakan dilakukan secara benar, baik, teratur, dan terukur.

    "Awasi saja berat badan agar tetap ideal dan tidak berisiko, periksa gula darah, dan tensi darah secara teratur," ujar dr. Subuh.

    Penyandang diabetes dapat hidup sehat dengan teratur mengikuti pengobatan yang tepat dan benar. Seluruh komponen masyarakat, pemerintah pusat dan daerah, organisasi profesi, kemasrakatan dan sosial harus bergerak bersama-sama menekan peningkatan angka diabetes.

    "Aktivitas fisik selama 30 menit sehari, berat badan ideal terjaga, cek kesehatan secara rutin, serta berobat sesuai dengan resep dokter pun akan mengurangi dampak terkena diabetes apalagi jika Anda memilki riwayat dengan keluarga diabetes," ungkap Subuh.

    Baca juga:

    Siapa Sangka, Secangkir Teh Sehari Bisa Melawan Sakit Jantung

    Khasiat Dahsyat Buncis, Atasi Diabetes sampai Kanker Usus

    Gejala Diabetes Pada Wanita

    Gejala Serangan Jantung pada Kaum Wanita

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES