1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Anisha    6 April 2016 16:30

    Ini Ciri Roti yang Sudah Tidak Layak Makan

    Anda patut curiga jika ada roti yang memiliki warna kelewat putih.

    Feed.merdeka.com - Roti merupakan bahan makanan yang selalu menjadi pilihan sarapan bagi keluarga. Sayangnya, saat ini banyak roti yang tidak sehat dijual dipasaran.

    Bagaimana roti dapat dibilang tidak sehat? Dr. Eva Kurniawati. M. Gizi, SpGK, spesialis gizi menjelaskan, roti yang tidak sehat biasanya mengandung bahan pengawet, pemanis buatan, pemutih buatan, serta pelembut roti buatan.

    Adapun ciri-ciri yang bisa Anda kenali untuk menentukan apakah roti baik dikonsumsi atau tidak. "Roti tidak sehat biasanya teksturnya sangat lembut atau sangat empuk karena menggunakan zat yang tidak baik," ujar Eva, saat ditemui di bilangan Gunung Sahari, Jakarta Selatan.


    Selain tekstur, masa kadaluarsa yang sangat lama dari biasanya. "Roti biasanya hanya dapat bertahan selama tiga hari, jika lebih dari waktu tersebut patut Anda curigai bahwa roti tersebut tidak baik," tambah dr. Eva.

    Warna dan tampilan roti berbahaya biasanya  sangat putih. Umumnya roti yang berwarna putih bersih diindikasikan memakai bahan pewarna. Roti yang alami tidak menggunakan pewarna biasanya berwarna kuning kecoklatan. Aroma roti berbahaya tercium sangat menyengat.

    Baca juga:

    Cara Membuat Roti Tawar dengan Rumput Laut

    7 Ciri Pria Genit, Jangan Sampai Tergoda Pesonanya

    Ciri Kosmetik yang Tak Layak Lagi Digunakan

    7 Ciri Suami yang Akan Jadi Ayah Sempurna

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES