1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    1 Oktober 2015 13:00

    Bahan Alami Pengusir Nyamuk dari Dapur Anda

    Bahan alami yang sangat efektif untuk mengusir nyamuk.

    Feed- Saat musim kemarau nyamuk adalah musuh utama manusia. Peningkatan jumlah nyamuk cukup signifikan disebabkan keberadaan genangan air yang tidak mengalir. Kondisi ini menciptakan sarang yang kondusif untuk nyamuk sehingga perkembangbiakannya pun lebih banyak.

    Selain dari sisi perkembangbiakan sarangnya, terdapat perubahan perilaku dari nyamuk di musim kemarau. Penelitian menghasilkan temuan bahwa suhu bumi yang makin panas karena perubahan iklim mengakibatkan banyak nyamuk yang akhirnya mengalami perubahan siklus hidup. Metamorfosis nyamuk dari jentik ke nyamuk dewasa yang dahulu membutuhkan waktu 12-14 hari, berubah menjadi hanya sembilan hari.

    Selain itu, gigitan nyamuk membuat tidur malam kita menjadi terganggu. Dan, lebih parahnya lagi, isapan si nyamuk dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti demam berdarah ataupun malaria. Bekas isapan nyamuk akan membuat benjola pada kulit kita dan terasa gatal.

    Banyak cara yang dilakukan untuk mengusir serangga berbahaya ini. Mulai dari memasang obat nyamuk bakar atau lotion anti-nyamuk. Namun, ada cara sederhana untuk mengusir nyamuk yang berasal dari dapur Anda, seperti yang dilansir huffingtonpost berikut.

    1. Makan bawang putih

    via: www.gudangkesehatan.com

    Setelah makan makanan berbau bawang putih, nyamuk tidak akan menggangu kita. Karena bawang putih biasa digunakan untuk membuat obat nyamuk seperti yang dijual di toko. Anda hanya cukup memakan setengah siung bawang putih setiap hari.

    2. Daun bawang

    via: pixabay.com

    Nyamuk tidak menyukai daun bawang. Anda cukup dengan memotong beberapa daun bawang dan menaruhnya di sekitar rumah. Cara ini dapat mengurangi gigitan nyamuk.

    3. Lembaran kain pembalut

    via: www.cnnindonesia.com

    Anda hanya cukup menggosokan kain pembalut yang belum digunakan ke kulit. Cara ini akan membuat Anda terbebas dari isapan nyamuk semalaman. Namun, efek yang ditimbulkan dari cara ini adalah akan iritasi kulit Anda. Jadi, gunakanlah secara berhati-hati.

    4. Sabun cuci piring

    via: gladis.beritagar.id

    Cukup dengan menyemprotkan sabun cuci piring di bagian rumah Anda, dijamin nyamuk tidak akan mendekati Anda.

    5. Soda

    via: news.discovery.com

    Campurkan soda dengan sedikit sabun cuci piring kemudian semprotkan ke sekitar rumah Anda.

    6. Mesin gelembung

    via: ummiummi.com

    Ini mungkin terdengar konyol, tapi gelembung sangat efektif mengusir nyamuk. Ini mungkin karena adanya kandungan sabun di dalam gelembung.

    Baca Juga:

    Mengapa Gigitan Nyamuk Terasa Gatal?

    Usir Nyamuk Demam Berdarah dengan Cara Ini

    Hindari Nyamuk, Lantai Mal Disulap Jadi Kolam Ikan

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES