1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Anisha    21 Maret 2016 10:47

    7 Makanan Super Penjaga Tulang Agar Tetap Kuat

    Rajinlah mengonsumsinya agar tulang Anda sehat hingga uzur nanti.

    Feed.merdeka.com - Seiring bertambahnya usia, tulang manusia akan mulai rapuh. Apabila tidak dijaga secara benar tulang akan gagal melindungi organ internal dan jangkar otot.

    Selain itu, tulang yang sehat dapat membuat postur tubuh menjadi baik untuk kekuatan ataupun keseimbangan. Terdapat dua kunci utama untuk membantu menjaga tulang yang kuat yakni dengan mengonsumi makanan yang mengandung kalsium dan fosfor.

    Imbangi juga dengan nutrisi lain seperti vitamin, protein, dan mineral. Berikut beberapa makanan super yang mengandung semua hal baik untuk membantu meningkatkan kepadatan tulang Anda agar tetap kuat.

    1. Susu
    Tidak diragukan lagi, bahwa susu adalah sumber terbaik kalsium yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang yang tepat. Menurut Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health (NICHD) susu rendah lemak adalah pilihan terbaik.

    Ini karena susu memiliki kandungan kalsium yang tinggi tanpa lemak tambahan serta mudah untuk penyerapan kalsium oleh tubuh. Selain kalsium, susu juga menyediakan nutrisi penting lainnya yang diperlukan untuk kesehatan tulang yang optimal seperti kalium, magnesium, riboflavin, fosfor, vitamin D, A, dan B12.

    2. Keju dan yoghurt
    National Institute of Health (NIH) melaporankan produk turunan susu seperti keju dan yoghurt adalah sumber kalsium yang tinggi. Anda juga dapat memilih produk susu lainnya yang baik bebas laktosa atau memiliki tingkat rendah laktosa.

    3. Sarden
    Ikan ini memiliki tingkat kalsium dan vitamin D yang tinggi. Keduanya memainkan peran penting dalam perkembangan tulang. Sesuai standar diet, makan tiga ons ikan sarden kalengan hampir sama dengan kalsium yang diperoleh dari secangkir susu.

    4. Salmon
    Salmon adalah satu lagi komponen makanan penting untuk kesehatan tulang. Sebab salmon memilki omega-3, asam lemak, kalsium, dan vitamin. Rata-rata, tiga ons salmon menyediakan lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin D.

    5. Sayuran hijau
    Sayuran berdaun hijau seperti brokoli dan bok choy merupakan sumber kalsium yang baik. Terlepas dari ini, Anda juga dapat memperoleh dosis harian kalsium dari sawi dan lobak hijau.

    Pengaruh alkali dari sayuran ini akan membantu Anda untuk memperkuat tulang dan mempromosikan pertumbuhan tulang dengan mencegah hilangnya kalsium. Juga sterol (hormon steroid) dikonversi ke hormon dan kalsiferol yang diperlukan untuk penyerapan kalsium.

    6. Kacang dan biji-bijian
    Kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu Anda meningkatkan pertumbuhan tulang. Selain tinggi kalsium, kenari, almond ,dan biji rami dikemas dengan mineral dan asam omega-3-lemak. Kehadiran kalium dalam kacang-kacangan tertentu seperti almond juga membantu melindungi hilangnya kalsium melalui urine.

    6. Jus jeruk
    Jeruk diperkaya nutrisi seperti vitamin, mineral, dan kalsium. Cobalah mengonsumsi lebih banyak jeruk untuk membantu tulang Anda menjadi lebih kuat dan sehat.

    Baca juga:

    6 Makanan Ini Bisa Memutihkan Gigi dalam Tempo 4 Menit

    Makanan Ini Sehat, Tapi Tinggi Lemak

    Ternyata 5 Makanan Inilah Biang Kerok Perut Kembung

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES