1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. I
  6.  » 
  7. INSPIRATIF


  8. Reporter : Denisa    23 Februari 2015 15:00

    6 Hal Ini Pengaruhi Kecerdasan Otak

    Jika tidak waspada, Anda akan mengalami kesulitan dalam menjalankan rutinitas.

    Feed - Ragam aktivitas tak hanya dapat membuat stamina berkurang, ternyata juga bisa memengaruhi kecerdasan otak Anda. Walaupun IQ (intelligence quotient) dapat diukur untuk menunjukkan tingkat kecerdasan seseorang, kecerdasan otak ternyata bisa menurun. Apa saja yang dapat membuat degradasi kecerdasan otak?

    1. Stres

    via ineedmotivation.com

    "Tingkat stress tinggi tak hanya dapat membuat fungsi otak menurun, tapi berkaitan dengan meningkatnya risiko penyakit Alzheimer," kata Brendan Kelly ahli saraf di Ohio University Wexner Medical center di Columbus, Ohio. Selengkapnya Ragam Hal Pengaruhi Kinerja Otak via health.kompas.com.

    2. Obesitas

    via bertuahpos.com

    Pengaruh obesitas ditemukan dalam beberapa penelitian. Kelly juga menyampaikan bahwa obesitas dapat meningkatkan risiko demensia di kemudian hari. Selengkapnya Ragam Hal Pengaruhi Kinerja Otak via health.kompas.com.

    3. Banyak makan manis

    via vemale.com

    Dokter ahli saraf Allen Towfigh dari New York mengatakan bahwa mengonsumsi gula atau panganan manis dalam jumlah banyak dapat mempengaruhi sel-sel otak. Selengkapnya Ragam Hal Pengaruhi Kinerja Otak via health.kompas.com.

    4. Multitasker
    Menjadi multitasker atau melakukan banyak pekerjaan dalam waktu bersamaan justru dapat menghambat kerja otak. Kata Towfigh, otak juga memiliki batas kemampuan seperti komputer yang tiba-tida dapat lambat ketika membuka banyak program. Selengkapnya Ragam Hal Pengaruhi Kinerja Otak via health.kompas.com.

    5. Terpapar asap rokok

    via tribunnews.com

    "Terlalu lama terpapapr asap rokok dapat meningkatkan karbon monoksida dalam tubuh, menggantikan oksigen yang penting untuk otak dan tubuh," ujar Towfigh. Selengkapnya Ragam Hal Pengaruhi Kinerja Otak via health.kompas.com.

    6. Jet lag
    Berpergian menggunakan pesawat ternyata juga dapat mempengaruhi kerja otak. Pasalnya, melewati zona waktu berbeda sering membuat seseorang jet lag. Demikian hasil penelitian dari University of California Berkeley. Selengkapnya Ragam Hal Pengaruhi Kinerja Otak via health.kompas.com.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES